Jumat, 31 Mei 2019 18:52 WIB

Tips Agar Tidak Ngantukan Saat Nyetir Jauh Ketika Mudik

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kantuk. (Foto: GEM Motoring Assist) Ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kantuk. (Foto: GEM Motoring Assist)
Jakarta - Mengantuk saat berkendara memang tak dapat terelakkan. Tapi ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kejadian tersebut.

Sebab musuh utama pengendara adalah rasa kantuk. Jadi, jangan sampai mengantuk apalagi ketika menyetir. Untuk itu, praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RSPGT memberikan tips agar tidak gampang ngantukan saat nyetir jauh ketika mudik:



1. Tidur cukup sebelum berangkat

"Harusnya selama sebelum berangkat, sekitar seminggu tidurnya sudah harus cukup. Jangan kurang tidur," sebutnya saat dijumpai detikHealth, Jumat (31/5/2019).

Kebutuhan tidur untuk orang dewasa sekitar 7-9 jam jadi harus tercukupi apalagi bagi mereka yang ingin berkendara jarak jauh.

2. Nyetir bergantian

dr Ade menyarankan ketika akan berangkat mudik agar yang menyetir tidak hanya satu orang saja. Sehingga bisa bergantian apabila salah satunya sudah merasa lelah.

"Kan kita nggak tau kondisi di jalan akan bagaimana. Apakah macet atau sebagainya. Idealnya itu bisa bergantian," tutur dr Ade.

3. Ciptakan suasana nyaman

Rasa bosan pasti akan menghampiri ketika menyetir jarak jauh. Untuk itu, usahakan agar suasana dalam mobil tetap kondusif dan nyaman.

"Kalau sama keluarga, jangan semuanya tidur. ada yang temenin ngobrol. tapi kalau semuanya lelah ya nggak apa-apa tapi yang berkendara harus tetap dalam kondisi alert," tutupnya.

(kna/up)