Sabtu, 01 Jun 2019 07:18 WIB

Tidur Mangap Saat Perjalanan Mudik? Mungkin Ini Penyebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi tidur mangap. Foto: iStock Ilustrasi tidur mangap. Foto: iStock
Jakarta -
Pemudik yang menggunakan jalur darat pasti akan menghabiskan waktu berjam-jam di dalam mobil atau bis. Saat terlalu lelah, biasanya menyebabkan mulut menganga ketika tidur. Kira-kira apa pemicunya?

"Biasanya kalau dia napasnya sesek, jadi mangap. Hidungnya tersumbat makanya mangap," ujar praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RSPGT saat dijumpai detikHealth, Jumat (31/5/2019).

Tidur dengan mulut menganga atau mangap tentu kondisi yang sangat memalukan. Apalagi kalau ada yang melihat kemudian di foto dan menjadi viral. Duh, harus apa dong biar nggak terlihat malu-maluin?

"Semua orang tahu nih kalau misal dia tidur mangap ya tutupin lah pake shawl tipis atau apa biar nggak kelihatan memalukan," tambahnya.
Tidur mangap saat mudik.Tidur mangap saat mudik. Foto: infografis detikHealth
Tapi ada satu hal yang harus kamu waspadai ketika tidur mangap. Sebab, bisa saja ternyata memiliki penyakit tidur yang tidak kamu sadari sebelumnya.

"Waspada aja kalau yang mangap itu biasanya ngorok. kalau ngorok, sleep apnea atau henti napas saat tidur," tutupnya.

Sleep apnea menyebabkan henti napas saat tidur. Pada kondisi itu, tidak ada napas selama kira-kira 20 detik. Sleep apnea bisa berakibat fatal seperti serangan jantung bahkan kematian karena kurang oksigen saat tidur.
(kna/up)
News Feed