Sabtu, 01 Jun 2019 08:05 WIB

Konser Tertunda, Alergi Makanan Bikin Ariana Grande Serasa Telan Kaktus

Firdaus Anwar - detikHealth
Ariana Grande punya alergi tomat. Foto: Getty Images Ariana Grande punya alergi tomat. Foto: Getty Images
Jakarta -
Penyanyi Ariana Grande akan menunda konser 'Sweetener World Tour'-nya karena masalah alergi makanan. Mantan bintang Nickelodeon berusia 25 tahun tersebut ternyata alergi makan tomat yang membuat tenggorokannya bengkak.


"Saya mengalami reaksi alergi pada tomat yang membuat tenggorokan saya menutup. Rasanya masih seperti menelan kaktus tetapi perlahan-lahan semakin membaik! Terima kasih atas cinta dan dukungannya," kata Ariana dalam unggahan di Instagram.
Dr Ruchi Gupta dari Northwestern Feinberg School of Medicine mengatakan kadang orang dewasa memang bisa untuk pertama kalinya terkena alergi makanan. Ada beberapa kondisi yang bisa jadi penyebab oleh karena itu penting bagi orang yang sadar dirinya mengembangkan alergi makanan segera menemui dokter ahli untuk mengidentifikasinya.


"Jika sesuatu terjadi ketika kamu makan, maka sangat penting agar segera menemui ahli alergi," kata Dr Ruchi seperti dikutip dari CNN, Jumat (31/5/2019).

Reaksi karena makan tomat seperti Ariana Grande misalnya bisa karena kondisi sindrom alergi oral yang sebetulnya bukan benar-benar alergi. Sindrom alergi oral punya gejala ringan seperti hanya gatal atau bengkak pada area sekitar mulut, sementara alergi makanan sesungguhnya punya gejala lebih berbahaya.

"Kalau memang kasusnya benar-benar alergi makanan, maka kamu harus memiliki rencana manajemen, rencana aksi, dan selalu membawa suntikan epinefrin untuk berjaga-jaga bila terjadi reaksi parah. Sangat penting memiliki hal-hal ini di situasi darurat," pungkasnya.
(fds/up)