Sabtu, 01 Jun 2019 09:15 WIB

Tidur Mangap saat Mudik, Dokter: Bisa Tersedak!

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tidur mangap, hati-hati nanti tersedak! Foto: iStock Tidur mangap, hati-hati nanti tersedak! Foto: iStock
Jakarta - Ketika tidur saat perjalanan mudik, kadang ada yang sampai saking lelahnya tidur dengan mulut mangap. Kata dokter, bisa bikin tersedak!

Dihubungi oleh detikHealth, drg Gusti Ayu Putri Langgeng Sari dari RS Mayapada Jakarta mengatakan tertidur dengan mulut menganga saat perjalanan mudik mesti hati-hati. Takutnya nanti ada serangga masuk dan bikin kamu tersedak.

"Awas ada lalat masuk!" ujar dokter gigi yang akrab disapa Sari ini.

"Hehe bisa aja (tersedak -- red) kalau ada serangga lagi mampir, masuk, terus buat dia bangun dan tersedak," lanjutnya.


Infografis tidur mangap.Infografis tidur mangap. Foto: infografis detikHealth

Antisipasinya paling sih pakai masker biar nggak kelihatan orang dan lalat juga nggak bisa masuk ke mulut sehingga bikin tersedak.

Ya sebenarnya bukan cuma benda asing sih yang bisa bikin tersedak. Beberapa waktu lalu, Prof Dr Melania S Djamil, drg, MBiomed, pakar kesehatan gigi dan mulut dari Universitas Trisakti mengatakan tersedak juga dapat terjadi akibat dampak mengiler sewaktu tidur. Nggak bahaya sih, tetapi bisa berakibat pada kejadian yang mengganggu kualitas tidur.

"Kalau seseorang ngiler waktu tidur bisa tersedak liurnya sendiri, lalu terbangun dari tidur dan batuk-batuk," papar Prof Melanie.

"Hal ini bisa terjadi karena seseorang harus menelan dan bernapas sewaktu bersamaan. Ini juga ada kaitannya dengan refleks epiglotis yang pada usia lanjut refleksnya makin menurun," tambah Prof Melanie.

(ask/up)