Minggu, 02 Jun 2019 17:45 WIB

Toilet Jorok Saat di Rest Area, Tetap Pipis atau Tahan Saja?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Toilet yang kotor bisa dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Toilet yang kotor bisa dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Saat perjalanan mudik, toilet umum di rest area maupun SPBU menjadi 'penyelamat' bagi mereka yang kebelet pipis di jalan. Tapi karena dipakai oleh banyak orang, beberapa toilet terlihat jorok dan rasanya tidak nyaman kalau memaksakan diri untuk buang air kecil. Lalu, jika sudah kebelet, mending tetap pipis atau tahan saja?

"Kalau saran saya tetap ke rest area walaupun toiletnya kotor. Bisa bersihkan pakai alkohol. Bawa tisu basah, pembersih, kalau dirasa terlalu kotor," kata ahli urologi dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Wempy Supit, SpU, kepada detikHealth, beberapa waktu lalu.

Menahan buang air kecil terlebih jika dalam durasi terlalu lama akan menyebabkan berbagai penyakit, seperti infeksi saluran kemih. Sebab itu, meski toilet terlihat kotor atau jorok, disarankan untuk membersihkannya terlebih dahulu menggunakan antiseptik tertentu.



"Jaga toilet higiene, terus jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah berkemih. Kalau kita sudah cuci tangan atau membersihkan tangan, jangan memegang lagi barang di toilet itu dengan tangan kita," tambahnya.

dr Wempy menyarankan setelah selesai buang air kecil agar tidak menyentuh apapun di toilet dengan tangan. Pergunakan tisu agar tubuh terhindar dari kontaminasi dengan kuman atau virus lainnya.

"Kalau sudah mencuci tangan jangan menyentuh lagi. misalnya gagang pintu, gagang wc, kita pakai tisu sentuhnya. Usahakan tidak menyentuh secara langsung dengan tangan," pungkasnya.



(kna/up)
News Feed