Senin, 03 Jun 2019 16:00 WIB

ISPA Paling Banyak Dialami Pemudik, Ini Tips Hindari Polusi Bagi Pemotor

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tak sedikit warga yang membawa anak untuk mudik naik motor. (Foto: Rengga Sancaya) Tak sedikit warga yang membawa anak untuk mudik naik motor. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Laporan dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan sekitar 456 orang pemudik mengidap ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan). Saat ini mereka yang sakit sudah mendapat penanganan dari tim medis yang berada di sekitar jalur mudik.

Bagi pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor, akan lebih rentan terhadap asap, debu, dan polusi di jalan. Sebagai tindakan antisipasi, disarankan menggunakan pelindung diri yang memadai.

"Bagi pengendara terbuka misal naik motor atau menggunakan mobil bak terbuka gunakan alat pelindung diri yang baik seperti masker dan kacamata" kata Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) kepada detikHealth belum lama ini.



Selain menggunakan pelindung, kesehatan pemudik juga harus diperhatikan. Jangan berkendara apabila tubuh sudah merasa kelelahan. Bagi pemudik motor disarankan untuk beristirahat tiap 2 jam.

"Persiapkan diri. Dalam hal ini daya tahan tubuh juga harus dijaga dengan baik. Penyakit mudah muncul kalau daya tahan tubuh kurang," tutupnya.

(kna/up)