Rabu, 05 Jun 2019 16:05 WIB

Saran Psikolog Agar Tak Terjebak Obrolan tentang Politik Saat Lebaran

Widiya Wiyanti - detikHealth
Obrolan politik mungkin bisa membuat suasana silaturahmi lebaran tidak nyaman. (Foto: Thinkstock) Obrolan politik mungkin bisa membuat suasana silaturahmi lebaran tidak nyaman. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Obrolan tentang hal-hal sensitif bisa merusak momen silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri. Jika dulu pengacaunya adalah pertanyaan 'kapan kawin', kini obrolan seputar perbedaan pilihan politik di antara kerabat dan saudara dekat.

Bila terjebak dalam situasi tersebut, ada trik untuk mencairkan suasana agar lebih tenang. Psikolog klinis dari Personal Growth Kantiana Taslim, MPsi, Psikolog menyarankan untuk melakukan hal-hal yang kreatif, misalnya dengan permainan atau games.

"Misalnya, lomba antar keluarga atau tamu, membawa boardgame atau permainan lain, tebak kata edisi lebaran, dan sebagainya," ujar wanita yang akrab disapa Nana ini.


Dengan adanya aktivitas berupa rekreasi ini, tentunya kehangatan dan kedekatan antar keluarga pun akan terjalin erat. Perbedaan pilihan pun tidak akan memunculkan perdebatan lagi, bahkan perbincangan soal politik pun tampaknya tidak akan terjadi.

"Semua orang beraktivitas dengan gembira," tambahnya.

Jadi, sebelum berkumpul bersama keluarga besar, ada baiknya menyiapkan beberapa macam permainan atau games yang dapat dilakukan bersama-sama. Pasti bakal seru deh!

(wdw/up)
News Feed