Rabu, 05 Jun 2019 17:03 WIB

Cara Aman Makan Rendang dan Opor yang 'Ramah' Kolesterol

Firdaus Anwar - detikHealth
Seimbangkan hidangan lebaran dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur agar lebih sehat. (Foto: Shutterstock) Seimbangkan hidangan lebaran dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur agar lebih sehat. (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Lebaran tiba, di rumah-rumah ramai berdatangan sanak saudara untuk merayakan hari raya. Bersamaan dengan itu hidangan seperti opor atau rendang biasa dimasak demi menjamu para tamu.

Hanya saja sayang kadang rasa yang lezat bisa membuat kita lupa diri makan sampai kekenyangan. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan karena rata-rata hidangan lebaran cenderung tinggi lemak bisa membuat tingkat kolesterol dalam darah naik.

Menanggapi hal ini dr Franciscus Ari, SpPD, dari Rumah Sakit Pondok Indah punya saran bagaimana caranya supaya kita bisa aman makan rendang atau opor saat lebaran.


Cara pertama bisa dengan mengurangi hidangan berkuah kaya santan. Bila memang ingin mencicipi makanan tersebut maka tidak perlu banyak-banyak mengambil kuahnya.

Berikutnya sebisa mungkin hanya mengonsumsi bagian tertentu saja. dr Ari memberi contoh misal untuk hidangan daging-dagingan maka pilih yang bagian lemaknya sedikit.

"Sebisa mungkin hindari bagian daging yang berlemak, seperti kulit ayam, jadi kalau mau ambil opor, ambil ayamnya aja, kulit ayamnya jangan dimakan," saran dr Ari beberapa waktu lalu.

Terakhir jangan lupa memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Serat dari keduanya baik menjaga penyerapan lemak dalam tubuh dan bisa membuat kenyang terasa lebih lama.

"Kenapa? Karena sayuran itu mengandung serat yang bisa mengganggu penyerapan lemak, selain itu serat juga bisa membuat orang lebih mudah kenyang dan pastinya sayur itu sehat karena kaya vitamin," pungkas dr Ari.

(fds/up)
News Feed