Senin, 10 Jun 2019 19:08 WIB

7 Alasan Mengapa Pup Bisa Berbau Sangat Busuk

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi buang air besar. Foto: thinkstock Ilustrasi buang air besar. Foto: thinkstock
Jakarta - Saat buang air besar (BAB) atau pup, bukan hal yang asing jika tercium bau tidak enak. Terkadang bahkan bisa berbau busuk mengganggu meski sudah disiram dan disemprot pewangi udara. Waduh ada apa ya?

"Bau pup yang busuk bisa mengindikasikan masalah yang serius," tutur Dr Christine Lee, ahli pencernaan di Cleveland Clinic, dikutip dari Health.com.

Pup berbau busuk biasanya disebabkan adanya darah, umumnya berwarna hitam dan bertekstur lengket seperti aspal cair panas. Selain itu, ada beberapa alasan dan penyebab lain pupmu bisa berbau sangat busuk:



1. Minum terlalu banyak alkohol
Jika kamu sering meminum alkohol dan meminumnya dalam jumlah banyak, pup bisa sangat berbau busuk. Dr Lee mengatakan bahwa kadar alkohol yang tinggi dalam darah bisa berdampak pada organ lainnya seperti perut dan usus besar serta usus kecil.

Kemudian juga bisa mempengaruhi permeabilitas dinding usus dan probiotik flora dalam usus. Sehingga menyebabkan gangguan motilitas, mencret, diare dan perubahan bau pada pup.

"Apalagi, alkohol memiliki jumlah sulfat yang signifikan. Semakin banyak yang dikonsumsi, semakin membuat bakteri usus memproduksi gas sulfat yang bisa berbau tak enak," lanjutnya.

2. Meminum obat atau suplemen tertentu
Beberapa obat dan suplemen bisa mengganggu bau pup. Misalnya seperti antibiotik dan obat hormon bisa mengganggu bakteri usus, mempercepat atau memperlambat pergerakan feses melalui usus. Dr Lee menambahkan, bahkan bisa menyebabkan malabsorpsi nutrisi tertentu sehingga mengakibatkan diare berbau.

"Beberapa suplemen seperti glucosamine, chondroitin dan bawang putih tinggi kadar sulfurnya, sehingga bakteri di usus berubah menjadi gas sulfur," kata Dr Lee.

3. Idap intoleransi laktosa
Pengidap intoleransi laktosa yang mengonsumsi produk susu biasanya akan bereaksi menyebabkan diare dan biasanya sangat berbau.

"Jika kamu intoleransi laktosa, laktosa bisa melewati usus, menyebabkan diare yang berbau busuk," ujar Dr Lee.



4. Banyak makan makanan mengandung sulfur
Mengonsumsi makanan yang mengandung sulfur seperti sayur-mayur, produk susu, telur dan daging-dagingan bisa menyebabkan bau busuk pada ritual pupmu pagi ini. Walau sulfur memang cukup penting dalam asupan makanan kita sehari-hari, namun mengonsumsinya dapat meningkatkan gas sulfur di dalam usus.

5. Banyak makan berlemak
Terlalu banyak makan makanan berlemak bisa mengganggu sistem pencernaanmu, dan ususmu kemungkinan besar akan sulit mencerna seluruh lemak yang dikonsumsi.

Lemak yang tak bisa dikonsumsi ini tidak akan bisa diserap dan akan melewati usus dalam keadaan tak tercerna. Ini bisa menyebabkan diare berbau dengan kandungan lemak tinggi yang disebut steatorrhea.

6. Ada penyakit atau infeksi usus
Steatorrhea juga bisa disebabkan oleh penyakit atau infeksi yang terjadi di usus. Misalnya tanda-tanda dari penyakit Celiac atau pankreas. Kemudian adanya infeksi seperti Clostridium difficile bisa mengakibatkan diare yang berbau sangat busuk.

7. Mengonsumsi banyak gula buatan
Gula buatan terdapat di banyak makanan bebas gula yang dimaksudkan untuk mengurangi asupan kalori, namun ternyata juga bisa membuat bau pup menjadi lebih busuk.

"Secara umum sorbitol bekerja seperti pencahar usus dengan menarik air ke usus besar dan menginduksi diare, dan umumnya memiliki bau yang sangat busuk," pungkas Dr Lee.

(frp/wdw)
News Feed