Selasa, 11 Jun 2019 11:10 WIB

Mengenal 'Ibu Pengganti' yang Melahirkan Anak Ke-4 Kim Kardashian

Widiya Wiyanti - detikHealth
Anak keempat Kim Kardashian lahir lewat ibu pengganti. Foto: Getty Images Anak keempat Kim Kardashian lahir lewat ibu pengganti. Foto: Getty Images
Jakarta - Anak keempat Kim Kardashian dan Kanye West yang diberi nama Psalm Ye dikabarkan lahir lewat ibu pengganti atau sewa rahim (surrogate mother). Sebelumnya, anak ketiga mereka Chicago pun lahir lewat proses yang sama.

Ramai menjadi perbincangan karena banyak publik figur yang menggunakan ibu pengganti untuk melahirkan anak-anak mereka. Apa sih sebenarnya ibu pengganti (surrogate mother) itu?

Namanya ibu pengganti adalah mereka yang memberikan jasa untuk menyewakan rahimnya untuk mengandung anak orang lain. Embrio dari sel telur dan sperma orang tua penyewa ditanamkan pada rahim ibu pengganti yang nantinya akan hamil dan melahirkan anak.



Biasanya ibu pengganti ini dilakukan karena pasangan memiliki kondisi medis yang bisa berbahaya pada saat kehamilan dan persalinan bahkan membahayakan nyawa. Seperti Kim yang mengalami placenta accreta, yaitu kondisi di mana plasenta yang terlalu menempel ke dinding rahim sehingga sulit dilepas usai melahirkan dan dapat menyebabkan pendarahan pada ibu.

Human Fertilisation and Embryology Authority (HFEA), Inggris, menyebut bagi pasangan yang ingin menggunakan jasa ibu pengganti harus memilih wanita yang benar-benar sehat jasmani dan rohaninya. Ini dikarenakan penyakit menular seperti HIV dan hepatitis bisa menular dalam proses ini.

"Oleh karena itu semua orang yang terlibat dalam jasa ibu pengganti melibatkan inseminasi buatan harus lewat skrining dulu," kata HFEA.

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan sewa rahim diketahui cukup besar, meskipun jumlah pastinya berbeda-beda sesuai kondisi. Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk sewa rahim di Amerika Serikat dan Eropa berkisar dari Rp2,2 miliar hingga Rp3,2 miliar.

(wdw/kna)
News Feed