Rabu, 12 Jun 2019 09:04 WIB

Dikira Kanker, Tahunya Ada Gigi di Testis Remaja Ini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi operasi. (Foto: thinkstock) Ilustrasi operasi. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Dokter di Rusia terkejut saat melakukan prosedur operasi pada anak laki-laki berusia 13 tahun. Pasalnya, remaja itu mengalami benjolan di testisnya yang dikhawatirkan itu adalah kanker.

Pemindaian menunjukkan adanya sesuatu yang tampak seperti kerikil di testis remaja yang tidak disebutkan namanya itu. Namun setelah dioperasi, dokter justru menemukan gigi geraham belakang atau molar.

"Pembedahan membuktikan bahwa gigi ketujuh yang asli (molar) tumbuh di dalam testis, yang hilang di rahang," ungkap ahli bedah urologi dan andrologi dari Rumah Sakit Anak Morozov di Moskow, dr Dmitry Tarusin dikutip dari The Sun.

dr Dmitry mengatakan bahwa hal itu merupakan kondisi langka yang disebut teratoma, yaitu tumor langka yang mengandung jaringan dan organ yang berkembang sepenuhnya, termasuk rambut, gigi, otot, dan tulang.



Dikutip dari Healthline, teratoma paling umum terjadi pada tulang ekor, ovarium, dan testis, namun bisa terjadi di bagian tubuh lain. Menurut dr Dmitry, teratoma pada remaja ini terjadi karena adanya masalah proses genetik selama periode pra-kelahiran, di mana adanya kegagalan dari sel induk yang mengakibatkan gigi tumbuh di salah satu testis, bukan di mulutnya.

Dalam ilmu gigi, kasus gigi tumbuh di paru-paru sudah pernah terjadi. Namun menurut dr Dmitry kasus gigi tumbuh di testis ini adalah kasus yang cukup unik.

Pada akhirnya, operasi remaja itu berjalan lancar dan ia bisa memiliki kesehatan reproduksi yang baik bahkan hingga ia bertambah tua dan aktif secara seksual.




Simak Juga 'Benarkah Sering Masturbasi Bikin Penis Hitam?':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/kna)
News Feed