Sabtu, 15 Jun 2019 15:07 WIB

Mantan Wapres AS Janji Sembuhkan Kanker Bila Terpilih Presiden 2020

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi kanker, penyakit yang jadi bahan kampanye Joe Biden. Foto: thinkstock Ilustrasi kanker, penyakit yang jadi bahan kampanye Joe Biden. Foto: thinkstock
Jakarta - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mencalonkan diri untuk pemilihan presiden tahun 2020 mendatang. Joe mengundang perhatian dalam kampanye terbarunya karena berjanji akan menyembuhkan kanker.

"Saya berjanji pada kalian kalau terpilih jadi presiden, kalian akan melihat satu perubahan yang paling penting di Amerika. Kita akan menyembuhkan kanker," ungkap Joe seperti dikutip dari CNN pada Sabtu (15/6/2019).

Beberapa ahli skeptis dengan janji politik yang disampaikan Joe. Spesialis bedah Deanna Attai dari University of California Los Angeles misalnya menyebut kalau kanker bukan penyakit yang mudah dienyahkan begitu saja.


"Apakah suatu saat kita akan membuka berita dan mendengar kalau kanker sudah diobati? Tidak. Bukan hal yang sesederhana itu," kata Deanna.

National Institutes of Health AS menyebut saat ini diketahui ada lebih dari 100 jenis kanker yang penyebabnya beragam mulai dari virus hingga radiasi. Setiap kasus kanker unik sehingga pengobatannya juga disesuaikan untuk individu.

Oleh karena itu menurut Deanna janji memberikan satu obat untuk menyembuhkan segala jenis kanker sebagai hal mustahil. Bahkan membuat obat satu jenis kanker saja bisa butuh waktu lebih lama dari sekali periode menjabat.

Joe diketahui punya pengalamannya sendiri terkait penyakit kanker. Pada tahun 2015 putra tertuanya, Joseph Robinette Bidden, meninggal dunia akibat kanker otak.



Mantan Wapres AS Janji Sembuhkan Kanker Bila Terpilih Presiden 2020
(fds/ask)
News Feed