Selasa, 18 Jun 2019 12:09 WIB

Orang Tua Cerai, Dampaknya Anak Bisa Jadi Lebih Gemuk

Firdaus Anwar - detikHealth
Anak yang orang tuanya bercerai lebih berisiko tumbuh gemuk. (Foto: Thinkstock) Anak yang orang tuanya bercerai lebih berisiko tumbuh gemuk. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Dampak perceraian orang tua sering disebut dapat berdampak besar bagi tumbuh kembang anak. Studi terbaru secara spesifik melihat bagaimana perceraian dapat berkontribusi membuat anak jadi lebih gemuk dibandingkan anak dengan orang tua yang akur.

Peneliti dari London School of Economics and Political Science menganalisa data dari 7.574 anak yang lahir tahun 2000-2002. Dari data diketahui sebanyak 1.573 anak mengalami perceraian orang tua saat usianya menginjak 11 tahun.


Dilaporkan dalam jurnal Demography, indeks massa tubuh anak yang orang tuanya bercerai meningkat lebih banyak dibandingkan anak dengan orang tua akur. Dalam waktu 36 bulan anak yang orang tuanya bercerai disebut lebih berisiko untuk mengalami kegemukan atau obesitas.

"Tindakan intervensi sejak dini dapat membantu mencegah, atau setidaknya melemahkan, proses yang menyebabkan beberapa anak mengembangkan obesitas tidak sehat," tulis peneliti seperti dikutip dari BBC, Selasa (18/6/2019).

Mengapa anak yang orang tuanya bercerai lebih berisiko mengalami kegemukan? Menurut peneliti kemungkinan karena beberapa faktor ekonomi dan non-ekonomi berikut:

1. Lebih sedikit uang untuk membeli buah dan sayur segar
2. Orang tua harus bekerja lebih keras sehingga makin tidak sempat menyiapkan makanan bernutrisi
3. Kurang uang untuk kegiatan ekstrakurikuler, terutama olahraga.
4. Orang tua kekurangan waktu dan energi membiasakan diet sehat pada anak
5. Masalah emosi berujung pada anak makan berlebih hidangan tinggi gula dan lemak.

Studi fokus pada konsekuensi perceraian orang tua biologis terhadap anak. Oleh karena itu anak yang orang tuanya kemudian rujuk kembali tidak disertakan dalam analisis.




Simak Juga 'Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/kna)
News Feed