Kamis, 20 Jun 2019 17:45 WIB

Agung Hercules Sempat Susah Menghapal, Termasuk Gejala Kanker Otak?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Penyanyi lagu Astuti Agung Hercules terdiagnosis sakit kanker otak.  Foto: detikHealth Penyanyi lagu 'Astuti' Agung Hercules terdiagnosis sakit kanker otak. Foto: detikHealth
Jakarta - Presenter Indra Bekti diketahui berada pada manajemen yang sama dengan Agung Hercules. Hal ini membuat Indra cukup paham dengan kondisi Agung Santoso alias Agung Hercules. Indra pun sedikit menceritakan gejala-gejala yang ada sebelum Agung Hercules divonis sakit kanker otak stadium 4.

"Jadi ya sempat sekitar pas udah sakit masih sempet main sinetron atau film tapi yaudah tiba-tiba kok dia sempet kayak nggak bisa menghafalkan, terus tiba-tiba kok sulit ngomongnya kayak gitu kan," ujar Indra Bekti, dikutip dari detikHOT.


Perlu dicatat, gejala dari kanker otak dipengaruhi dari bagian otak yang terkena dan terdampak. Misalnya, masalah penglihatan yang merupakan hasil dari tumor yang berada di area optik. Sementara, tumor yang berada pada bagian otak depan bisa mempengaruhi kemampuan berkonsentrasi.

Ditulis Cancer Center, tumor yang terletak di area yang mengontrol fungsi motorik dapat menyebabkan kelemahan, mati rasa atau kesulitan berbicara. Tak hanya lokasi tumor, gejala kanker otak pun tergantung pada jenis dan luas tumor, usia serta riwayat kesehatan pasien.

Berikut ini adalah gejala awal dari adanya kanker otak:

- Sakit kepala yang berubah-ubah tergantung posisi kepala dan bertambah parah
- Kejang
- Mati rasa
- Mual dan muntah
- Kehilangan memori
- Kelemahan otot
- Kesulitan bicara
- Suasana hati dan kepribadian yang berbeda
- Rasa lelah yang tanpa sebab jelas
- Perubahan siklus haid
- Gula darah tinggi
- Memar-memar
- Kemampuan mendengar, penglihatan, koordinasi yang bermasalah dan bisa bertambah secara gradual

(ask/up)