Kamis, 20 Jun 2019 19:29 WIB

Sunat Mempercepat Pertumbuhan Tinggi Badan, Mitos atau Fakta?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi tumbuh tinggi seusai sunat. Foto: Thinkstock Ilustrasi tumbuh tinggi seusai sunat. Foto: Thinkstock
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat
Jakarta - Secara tidak sadar, beberapa anak yang telah sunat biasanya menunjukkan perubahan khususnya dari segi fisik. Awalnya anak masih terlihat manja pada sang ibu, setelah sunat menjadi terlihat lebih dewasa dan mandiri.

Akibatnya, banyak yang beranggapan bahwa sunat mempercepat pertumbuhan fisik pada anak. Bagaimana faktanya?

"Biasanya kalau sunat itu menjelang pre pubertas. Itu tuh sebelum pubertas ada yang namanya percepatan pertumbuhan," sebut spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA(K) saat dijumpai detikHealth, Kamis (20/6/2019).


"Sering kan kalau anak disunat umur SD ya, terus nggak lama dia pubertas. Jadi salah satu mitos bahwa sunat mempercepat pertumbuhan fisik," sambungnya.

dr May menambahkan adanya perubahan fisik pada anak memang bisa jadi karena kebetulan masa pre pubertas anak dan ketika dia sunat berdekatan. Sehingga anak jadi terlihat langsung dewasa atau bertumbuh pesat.

"Pas kebetulan waktunya mirip jadi bukan karena disunat anak jadi terlihat langsung dewasa atau bertumbuh pesat. Kalau anak kecil kan disunat nggak lantas langsung jadi besar kan," tutupnya.

(kna/up)
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat
News Feed