Jumat, 21 Jun 2019 07:35 WIB

Psikolog Bagikan Tips Berbaikan Agar Permintaan Maafmu Diterima

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ketahui keselahan apa yang kita perbuat sebelum meminta maaf. (Foto: iStock) Ketahui keselahan apa yang kita perbuat sebelum meminta maaf. (Foto: iStock)
Jakarta - Meminta maaf kepada teman jika kita merasa ada yang salah merupakan sifat yang sangat baik. Psikolog klinis dari Personal Growth, Ni Made Diah Ayu Anggreni, mengatakan ketika ingin meminta maaf, kita harus mengetahui dan menyadari kesalahan apa yang telah kita lakukan.

"Dengan mengatakan kesalahan yang telah kita lakukan, kita membantu teman kita merasa lebih dipahami dan dimengerti," ujarnya kepada detikHealth.

Selain itu, Ayu membagikan tips lain agar permintaan maafmu diterima oleh sahabat.


1. Menunjukkan penyesalan dan mengatakan maaf dengan tulus

Sampaikan permintaan maaf yang tulus dan menunjukkan bahwa kita menyesal atas kesalahan yang kita lakukan. Kata maaf merupakan perwakilan perasaan bersalah dan menyesal yang kita rasakan, serta ajakan untuk berbaikan.

Tunjukkan bahwa kita sungguh-sungguh dalam meminta maaf, dengan menunjukkan ekspresi yang sesuai juga. Ingatlah bahwa kita meminta maaf bukan untuk mencari pembenaran untuk kesalahan yang kita lakukan, namun karena memang kita menyadari kesalahan dan mau berubah.

2. Menunjukkan empati

Ketika meminta maaf, kita juga perlu menunjukkan empati bahwa perbuatan yang kita lakukan memang sebuah kesalahan dan memahami emosi yang dirasakan oleh teman kita (misalnya marah).

Jelaskan bahwa jika kita berada pada posisi mereka pun, mungkin kita juga akan merasa marah.

3. Berkomitmen untuk berubah dan tidak melakukan kesalahan lagi

Sebagai langkah terakhir, ada baiknya kita memberi penjelasan mengapa kita melakukan kesalahan tersebut. Juga mengatakan bahwa akan menjadikan hal tersebut sebuah pengalaman serta berusaha untuk memperbaiki diri, agar tidak terjadi konflik lagi di masa depan. Tunjukkan komitmen perubahan dari diri kita sebagai salah satu bukti keseriusan kita untuk berubah.

(kna/up)
News Feed