Jumat, 21 Jun 2019 15:11 WIB

Mr P Bengkak Sehabis Sunat, Gara-gara Melangkahi Kotoran Ayam?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Beberapa pria mengeluh Mr P bengkak sehabis sunat, kenapa bisa begitu? (Foto: iStock) Beberapa pria mengeluh Mr P bengkak sehabis sunat, kenapa bisa begitu? (Foto: iStock)
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat
Jakarta - Seperti bekas luka lain, luka usai operasi sunat juga harus mendapat penanganan yang baik. Jika tidak, luka berisiko terkena infeksi yang akhirnya mengakibatkan penis terlihat membengkak.

"Bengkak usai sunat bisa jadi diakibatkan infeksi pada bekas luka. Karena itu, bekas luka harus dijaga supaya tetap bersih dan kering hingga nanti benar-benar sembuh," kata dokter ahli bedah dari Rumah Sakit St Carolus Salemba, dr Odetta Natatilova Halim, SpB.

Untuk menjaga bekas luka tetap bersih, dr Odetta mengingatkan selalu cebok tiap kali usai Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK). Setelah itu, jangan lupa dikeringkan dengan handuk atau washlap bukan tisu. Bagi pasien yang masih menggunakan popok, dr Odetta menyarankan sering ganti supaya bekas luka tidak terpapar bakteri dari feses atau air kencing.



Menurut dokter ahli urologi Dr dr JC Prihadi, SpU, bekas luka usai operasi sunat biasanya sembuh total dalam 14 hari. Kesembuhan bisa lebih cepat bila pasien memiliki daya tahan tubuh yang baik, hidup bersih, dan menjalankan hidup sehat.

"Biasanya hari ketiga usai operasi perban luka dibuka. Selanjutnya kontrol lagi pada hari ketujuh usai operasi untuk dilihat apakah bekas luka dan jaringan sudah kembali seperti semula. Biasanya dalam 2 minggu bisa sembuh total," kata dr Prihadi.

Tentunya pasien juga harus menaati saran dokter dengan minum obat atau menggunakan salep sesuai resep. Selain itu, pola hidup sehat dengan rutin makan sayur, buah, dan minum air putih tetap harus diterapkan setiap hari.



(up/up)
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat