Jumat, 21 Jun 2019 15:37 WIB

Deddy Corbuzier Sudah Sunat? Kalau Belum, Begini Persiapan Sunat Dewasa

Widiya Wiyanti - detikHealth
Deddy Corbuzier tak menjawab dengan tegas saat ditanya tentang sunat (Hanif/detikHOT) Deddy Corbuzier tak menjawab dengan tegas saat ditanya tentang sunat (Hanif/detikHOT)
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat
Jakarta - Deddy Corbuzier melangsungkan proses menjadi mualaf pada Jumat (21/6) di Pondok Pesantren Ora Aji, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Biasanya, seorang mualaf pria diwajibkan melakukan sunat atau khitan jika belum melakukannya.

Kepada wartawan, mantan mentalis tersebut tidak secara tegas mengungkapkan apakah dirinya sudah sunat atau belum. Kalaupun belum, sunat pada usia dewasa sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan.

Sunat pada orang dewasa prosesnya tidak jauh berbeda dengan sunat pada anak-anak. Hanya saja menurut dokter spesialis bedah saraf dari Rumah Sunat dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, penyembuhan luka pada orang dewasa akan lebih lama dibandingkan anak-anak.

"Semakin besar seseorang itu disunat prinsipnya semakin sulit penyembuhannya. Jadi kalau dewasa penyembuhannya sekitar 30-40 hari. Remaja SD menjelang SMP sekitar semingguan," ujarnya saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.


Biasanya kita edukasi pasien. Kita jelaskan dari awal, bahwa mereka sebaiknya 'berpuasa' selama seminggu pertama usai tindakan, untuk mengurangi potensi ereksidr Mahdian Nur Nasution, SpBS - Pendiri Rumah Sunat

Melihat waktu penyembuhan yang cukup lama, orang dewasa pasca sunat juga diharuskan puasa hubungan seksual, karena dengan ereksi saja, bekas luka sunat bisa tertarik dan sobek. Maka dari itu, setidaknya harus menunggu benar-benar sembuh untuk melakukan hubungan intim.

"Biasanya kita edukasi pasien. Kita jelaskan dari awal, bahwa mereka sebaiknya 'berpuasa' selama seminggu pertama usai tindakan, untuk mengurangi potensi ereksi," jelas dr Mahdian.

Setelah sunat, sebaiknya tidak berdekatan dengan pasangan atau melihat hal-hal berbau pornografi yang bisa merangsang terjadinya ereksi. dr Mahdian pun menyarankan untuk orang dewasa yang akan melakukan sunat harus melakukan pengecekan terhadap kesehatannya dan konsultasi terlebih dahulu.

Nah, kalau Deddy Corbuzier sudah disunat belum ya? Kalau belum, siap-siap 'puasa' setelah disunat nanti.


Simak jawaban kocak Deddy Corbuzier saat ditanya soal sunat dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]



(wdw/up)
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat