Sabtu, 22 Jun 2019 13:06 WIB

Mengenal Gangguan Cemas, Masalah Kejiwaan di Balik Popularitas Shawn Mendes

Rosmha Widiyani - detikHealth
Shawn Mendes yang nggak sungkan ngaku punya gangguan kecemasan. Foto: Getty Images Shawn Mendes yang nggak sungkan ngaku punya gangguan kecemasan. Foto: Getty Images
Jakarta - Shawn Mendes baru saja mengeluarkan singel Senorita bersama penyanyi Camila Cabello. Populer dan punya banyak fans, Mendes tak sungkan mengaku punya gangguan kecemasan.

"Menghadapi kecemasan, membicarakan dengan orang-orang terdekat dan terpercaya hal yang menyebabkan gangguan cemas sangat menolong. Berbicara dan membuka diri adalah yang paling menyeramkan tapi juga terpenting untuk menjaga kondisi mental," ujar pelantun If I Can't Have You dikutip dari People.


Mendes kali pertama menyatakan perjuangannya terkait kesehatan mental pada akhir Maret 2019. Hingga saat ini penyanyi 20 tahun tersebut masih berusaha hidup damai dengan gangguan cemas.

Selain tak ragu berbicara dengan lingkungan, Mendes juga selalu menganggap kecemasan adalah hal yang biasa. Menurut Mendes, seseorang pasti akan menghadapi kecemasan atau tekanan dengan level tertentu. Dengan anggapan ini maka semua orang sebetulnya sama-sama berjuang menghadapi kecemasan.

Gangguan cemas yang disertai stres makin berat dialami Mendes seiring popularitas yang makin besar. Mendes, yang dibantu lingkungan terdekat, berusaha kepopuleran tidak menganggu kesehatan dan komunikasi dengan orang-orang sekitar. Mendes selalu berusaha menjadi pribadi yang rendah hati seperti sebelum populer.

"Saya masih sering pulang ke Kanada dan berkumpul dengan teman-teman yang tumbuh bersama. Keluarga saya juga selama ini selalu membantu. Popularitas jangan sampai mengganggu kehidupan dengan selalu rendah hati meski telah sukses," kata Mendes.

(up/up)