Sabtu, 22 Jun 2019 15:13 WIB

Kevin Aprilio Sempat Mau Bunuh Diri, Dokter Jiwa Singgung Pentingnya Keluarga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kevin Aprilio pernah sempat ingin bunuh diri. Foto: DetikHot Kevin Aprilio pernah sempat ingin bunuh diri. Foto: DetikHot
Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari musisi tanah air Indonesia. Kevin Aprilio, yang dikenal sebagai pribadi aktif dan positif belakangan diketahui sempat putus asa sampai terbersit keinginan bunuh diri.

"Iya tercetus gitu, karena pada saat dia kehilangan uang yang begitu banyak kan nggak mudah. Masalahnya bertambah-tambah yang menyusul kemudian. Akhirnya dia bingung gimana jalan keluarnya. Dia putus asa, dia pernah ngomong apa mau bunuh diri saja wah saya shock," ujar Addie MS, sang ayah, kepada detikcom.

Sebagai orang tua, tentu Addie MS berjuang untuk membangkitkan Kevin Aprilio agar dia bisa keluar dari pemikiran seperti itu. Ia tetap optimis bisa mengembalikan semangat Kevin.

Bagi pasien yang mengidap depresi atau putus asa, memiliki dukungan atau support system sangat berarti bagi mereka. Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dr Eka Viora, SpKJ, peran support system adalah mendengarkan keluh kesah dan memberikan dorongan positif bagi pengidap depresi.



"Ketika bisa mengungkapkan pada support system, baik itu teman, keluarga, siapa saja itu yang sangat penting. Orang terdekat mereka itulah yang harusnya diberitahu terlebih dahulu," katanya saat dijumpai pada Press Conference Lunbeck Regional Symposium, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).

Mengungkapkan perasaan bagi pengidap depresi bisa jadi hal yang sangat berat. Sehingga ada baiknya kita sebagai pendengar tidak memberikan ceramah atau bahkan memberikan stigma kepada mereka karena akan menjadi lebih buruk kedepannya.

"Jangan misalnya mengatakan dosa. Kalau sudah ada judgment, itu akan memperberat. Malah akan menambah bebannya," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed