Senin, 24 Jun 2019 12:56 WIB

Ramai Broadcast 'Semut Charlie' Gigiti Kulit, Hewan Apakah Itu?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Viral pesan berantai soal semut charlie. Foto: Viral Whatsapp Viral pesan berantai soal 'semut charlie'. Foto: Viral Whatsapp
Jakarta - Ramai broadcast yang menyebut 'semut charlie' serta melampirkan foto yang menyeramkan usai terkena gigitannya. Dalam pesan berantai itu disebutkan bahwa sebaiknya kita menghindari interaksi yang langsung menyentuh kulit dengan serangga tersebut.

Tapi, apakah semut charlie itu? Sebenarnya beberapa tahun lalu serangan serangga ini pernah terjadi di Surabaya. Serangga ini lebih dikenal dengan nama tomcat, disebut pula rove beetle atau kumbang rove, dan memiliki panggilan lain seperti semut kayap atau semut charlie.

Dr Tri Yunis Miko, W, MSc, dosen epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) pernah menuturkan setiap serangga memang memiliki peran dalam penularan penyakit termasuk dengan tomcat. Serangga ini memiliki racun yang bisa menimbulkan reaksi di kulit.

"Serangga yang terdapat di kebun atau sawah biasanya hanya menimbulkan reaksi pada kulit. Berbeda dengan serangga lain seperti kelabang yang racunnya bisa meracuni saraf dan menyebabkan kelumpuhan," ujar Dr Tri.


Ketika seseorang terkena racun dari semut charlie atau tomcat maka secepatnya dibersihkan lalu diberikan obat anti alergi misalnya salep hydrocortisone atau betametasone supaya reaksi yang muncul tidak berlebihan.

"Reaksi yang ditimbulkan di tubuh berbeda setiap orang, buat yang tidak alergi mungkin hanya menimbulkan merah sedikit saja. Tapi kalau orang tersebut memiliki reaksi alergi berlebihan atau sensitif tinggi terhadap alergen, maka perlu ditangai secepatnya," jelasnya.

Tomcat yang memiliki nama latin Paederus riparius hidup di daerah yang lembap dan umumnya akan mengikuti cahaya dari lampu. Serangga ini biasanya berfungsi mengusir dan memakan jenis kutu dan hewan kepik hama padi. Tomcat seringkali muncul saat hari menjelang petang.

(ask/up)
News Feed