Senin, 24 Jun 2019 13:47 WIB

Alasan Kesehatan Kenapa Pria Perlu Cebok Usai Buang Air Kecil

Firdaus Anwar - detikHealth
Usai buang air kecil, jangan lupa cebok. (Foto: iStock) Usai buang air kecil, jangan lupa cebok. (Foto: iStock)
Jakarta - Soal kebiasaan menggunakan toilet, pria sering dianggap lebih jorok dibandingkan wanita. Mungkin masih banyak yang usai buang air kecil langsung pergi begitu saja tanpa cuci tangan apalagi cebok membersihkan penis.

Padahal tahukah kamu kalau cebok usai buang air kecil juga tidak kalah penting. Cebok dapat membantu membersihkan sisa-sisa urine yang mungkin masih ada di dalam saluran kencing.


Dijelaskan oleh dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari RS Surya Husadha, Denpasar, sisa urine usai buang air kecil punya risiko menimbulkan iritasi hingga infeksi. Sebisa mungkin gunakan air untuk cebok, meski bila terpaksa bisa juga memakai tisu.

"Kalau bisa kita bawa air saja, pakai botol. Tapi tutup botolnya jangan ditempel langsung ke kemaluan, cukup airnya dituang kemudian dibasuh alat vitalnya," saran dr Laksmi kalau menemukan toilet tanpa air saat kebelet.

Cebok usai buang air kecil terutama harus diperhatikan bagi pria yang tidak disunat. Kulup penis bisa jadi tempat favorit kotoran dan bakteri bersarang sehingga sebaiknya dibersihkan dengan teliti saat cebok setiap buang air kecil.

(fds/up)