Senin, 24 Jun 2019 20:04 WIB

5 Tips Sehat Cebok Usai Buang Air Kecil Bagi Pria

Firdaus Anwar - detikHealth
Berapa banyak di antara kita yang biasa cebok usai buang air kecil? (Foto: ilustrasi/thinkstock) Berapa banyak di antara kita yang biasa cebok usai buang air kecil? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Studi melihat kalau pria rata-rata lebih jorok daripada wanita saat buang air kecil di toilet umum. Satu studi tahun 2013 di Amerika Serikat melihat ada sekitar 15 persen pria yang tidak sama sekali mencuci tangan usai buang air dan mungkin lebih sedikit lagi yang cebok.

Padahal cuci tangan dan cebok seharusnya tidak dilewatkan setiap menggunakan toilet. Cebok khususnya disarankan oleh dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari RS Surya Husadha Denpasar, bermanfaat untuk membersihkan urine yang mungkin tersisa di saluran kencing.

Menurut dr Laksmi sisa urine usai buang air kecil punya risiko menimbulkan iritasi hingga infeksi.

Nah bagi para pria yang ingin membiasakan diri cebok usai buang air kecil, simak beberapa tips berikut:


1. Pakai air
Kadang kita bisa menemukan toilet yang tidak menyediakan air, pada kondisi itu dr Laksmi menyarankan agar membawa 'bekal' air sendiri misalnya di dalam botol. Sebisa mungkin cebok dengan membasuhkan air ke organ intim.

Bila terpaksa bisa juga cebok dengan tisu meski mungkin lebih berisiko menimbulkan iritasi.

"Kalau bisa kita bawa air saja, pakai botol. Tapi tutup botolnya jangan ditempel langsung ke kemaluan, cukup airnya dituang kemudian dibasuh alat vitalnya," saran dr Laksmi

2. Bersihkan kulup
Bagi pria yang belum disunat, usai kencing jangan lupa cebok bersihkan terutama bagian bawah kulit kulup penis. Alasannya karena kulup penis bisa jadi tempat favorit bagi bakteri dan kotoran bersarang sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

3. Tanpa sabun
Urolog dr Darius Paduch dari Weill Cornell Medical Center menjelaskan penis sebetulnya tidak terlalu perlu dibersihkan dengan sabun. Alasannya karena kulit penis yang sensitif bisa bereaksi terhadap beberapa kandungan zat yang ada pada sabun sehingga malah bisa jadi iritasi.

4. Air hangat
Kalau di toilet ada akses air hangat maka tidak ada salahnya dipakai untuk cebok. dr Darius menyarankan air hangat dipakai untuk membersihkan kulit penis dengan halus.

5. Perhatikan luka atau benjolan
Saat cebok sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi kondisi organ intim kita sendiri. Perhatikan bila muncul perubahan warna, luka, atau benjolan karena bisa jadi itu tanda-tanda penyakit yang lebih serius.

(fds/up)