Kamis, 27 Jun 2019 09:10 WIB

Sering Merasakan 'Mata Pegal,' Hati-hati Glaukoma

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi mata pegal yang bisa menjadi indikasi dari glaukoma. Foto: iStock Ilustrasi mata pegal yang bisa menjadi indikasi dari glaukoma. Foto: iStock
Jakarta - Bagi yang matanya sering merasa pegal sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter mata. Mata pegal yang dirasakan bisa jadi merupakan gejala glaukoma yang dibiarkan berisiko menyebabkan kebutaan.

"Mata pegal adalah gejala glaukoma yang sangat subtle. Gejala ini terjadi akibat peningkatan tekanan dalam bola mata hingga lebih dari 10-20 mmHg," kata dokter ahli mata Dr dr Virna Dwi Oktariana, SpM (K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), Rabu (26/6/2019).



Selain mata pegal, gejala yang kerap terjadi pada pasien glaukoma adalah rasa pusing yang sangat hebat. Rasa pusing ini kerap disertai penglihatan yang tidak jelas, serta muat dan muntah. Pusing hebat biasanya ditemui pada pasien glaukoma komplikasi, yang awalnya mengalami diabetes atau hipertensi dan berefek pada kesehatan organ penglihatan.

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan hingga kebutaan. Kerusakan diakibatkan tekanan di dalam bola mata yang sangat tinggi karena berbagai sebab. Glaukoma juga bisa terjadi sejak bayi yang disebut glaukoma kongenital.

Menurut dr Virna, glaukoma tentunya bisa sembuh sehingga penglihatan bisa kembali berfungsi. Prinsip pengobatan adalah mengontrol tekanan dalam bola mata sehingga bisa di kisaran 10-20 mmHg. Hal ini bisa dilakukan dengan pemasangan implan atau konsumsi obat-obatan bergantung kondisi pasien.



Simak Video "Yuk! Kenali Gejala dan Cara Mencegah Mata Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)