Kamis, 27 Jun 2019 09:50 WIB

Song Joong Ki Gugat Cerai Song Hye Kyo, Ini Dampak Perceraian pada Kesehatan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Song Joong Ki gugat cerai Song Hye Kyo. Foto: Instagram/4ever_kikyo Song Joong Ki gugat cerai Song Hye Kyo. Foto: Instagram/4ever_kikyo
Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Song Song Couple, yakni Song Joong Ki menggugat cerai Song Hye Kyo. Disebut-sebut keduanya sudah tidak tinggal dalam satu rumah lagi selama berbulan-bulan.

"Kuasa hukum kami sudah melayangkan gugatan cerai dan mediasi pada 26 Juni 2019. Saya berharap kami bisa menyelesaikan proses perceraian dengan lancar tanpa harus mengkritik satu sama lain," pernyataanya melalui kuasa hukum, seperti yang diberitakan detikcom.

Perceraian selalu berat bagi setiap orang yang menghadapinya. Saking beratnya, perceraian juga bisa berdampak pada kesehatan. Sejumlah penelitian membuktikan hal tersebut. Berikut di antaranya.



1. Sindrom metabolik

Perceraian berkaitan dengan stres yang bisa menimbulkan efek perubahan pola makan. Biasanya gangguan pola makan dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik, meliputi tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kelebihan lemak.

Sebuah penelitian di Archieves of Internal Medicine menemukan bahwa perempuan yang bercerai lebih rentan mengalami sindrom metabolik. Hal yang sama berlaku juga pada pernikahan yang tidak bahagia.

2. Berat badan naik-turun

Yang namanya perceraian pasti membuat seseorang stres. Ada orang yang mengalami stres bisa mengalihkannya pada makanan manis dan berlemak yang akibatnya berat badan naik. Namun ada pula yang justru kehilangan nafsu makan, sehingga berat badan turun drastis.

3. Insomnia

National Sleep Foundation menyebut bahwa banyak orang yang mengalami depresi, salah satunya karena perceraian bisa menyebabkan insomnia. Karena menurut para ilmuwan, depresi sangat berkaitan dengan gangguan pola tidur.

4. Penyakit kronis mengintai

Sebuah penelitian di Journal of Health and Social Behavior menunjukkan bahwa berbagai jenis penyakit kronis 20 persen lebih banyak ditemukan pada pasangan yang bercerai. Perceraian juga berdampak pada mobilitas yang terhambat, seperti susah naik tangga dan kesulitan berjalan.

5. Rentan penyakit kardiovaskular

Penelitian di Journal of Marriage and Family menemukan bahwa pria paruh baya lebih rentan mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah ketika perkawinannya mengalami perceraian. Stres ketika bercerai disebut memicu reaksi inflamasi atau radang, yang berdampak pada sistem peredaran darah. Menurut para peneliti, perempuan paling rentan terhadap risiko tersebut.




Video: Gugat Cerai Song Hye Kyo, Song Jong Ki Minta Maaf

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)