Jumat, 28 Jun 2019 10:55 WIB

Ilmuwan Temukan Jamur 'Ajaib' yang Bikin Jangkrik Jadi Kecanduan Seks

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi jangkrik. Foto: Dikhy Sasra Ilustrasi jangkrik. Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -
Para ilmuwan dari West Virginia University di Amerika Serikat menemukan jamur ajaib yang bisa membuat jangkrik menjadi kecanduan seks. Yaitu dengan infeksi jamur Massospora cicadina.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Fungal Ecology menemukan bahwa jamur tersebut mengandung amfetamin dan bahan kimia psikoaktif yang menyebabkan efek euforia pada jangkrik hingga membuatnya kawin hingga alat kelaminnya terlepas.

"Senyawa psikoaktif ini hanya dua dari 1.000 senyawa yang ditemukan di jangkrik ini," ujar ahli patologi dari West Virginia University, Matt Kasson dikutip dari NY Post.



Senyawa itu memengaruhi otak jangkrik seperti obat psikoaktif sehingga berubah menjadi 'zombie' yang tergila-gila pada seks dan tidak akan berhenti berkembang biak sampai mati. Bahkan efeknya tidak akan hilang hingga tubuhnya dipenuhi jamur dan alat kelaminnya terlepas.

Para ilmuwan juga beranggapan bahwa bahan kimia yang terkandung menekan nafsu makan jangkrik yang terinfeksi sehingga hanya seks lah yang ada di otaknya.

"Kami mengantisipasi penemuan-penemuan ini bisa menumbuhkan minat baru pada jamur dan metabolit sekunder secara farmakologis, yang dapat berfungsi sebagai penemuan obat baru berikutnya," tutur kasson.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)