Sabtu, 29 Jun 2019 11:16 WIB

Barbie Kumalasari Rogoh Rp 200 Juta untuk Suntik Stem Cell, Fungsinya Apa?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Barbie Kumalasari mengaku jalani suntik stem cell seharga Rp 200 juta sekali suntik. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Barbie Kumalasari kembali bikin ramai warganet. Melalui kanal Youtube Melaney Ricardo yang diunggah pada Kamis (27/6), Barbie cerita mengenai biaya perawatannya yang menyentuh angka Rp 8 miliar. Salah satu yang bikin melongo adalah harga perawatan stem cell yang sekali suntik berkisar Rp 200 juta. Wadidaw, duit apa daun tuh?

"Kalau gua kan udah yang di stem cell manusia yang Rp 200 juta. Itu Rp 200 juta sekali suntik," ungkap Barbie.

Sebenarnya apa sih suntik stem cell itu, fungsinya untuk apa? Kita tanya langsung kepada ahlinya, dr Jonathan R. Subekti, SpKK, dari Bamed Skin Care.


"Stem cell atau sel punca adalah sel di tubuh kita yang dapat berubah menjadi berbagai sel seperti sel otot, kulit, darah, dan sebagainya," jelas dokter yang akrab disapa dr Jo ini.

Nah, terapi stem cell melibatkan penyuntikan sel tersebut ke bagian yang bermasalah atau ke pembuluh darah. Tujuannya apa?

"Dengan harapan stemcell tersebut akan mencapai daerah yang bermasalah sehingga dapat membantu penyembuhan," ujar dr Jo.

Stem cell ada dua macam, ada yang diambil dari tubuh sendiri, dan ada yang diambil dari tubuh orang lain. Nah prosesnya meliputi pengambilan darah atau jaringan dari pembuluh darah di lengan, lemak di bawah kulit ataupun sumsum tulang.

"Selanjutnya jaringan tersebut diproses di lab hingga mendapatkan jumlah stemcell yang diinginkan, baru kemudian disuntikkan kembali," tutupnya.



Simak Video "Mengenal CrossFit, Olahraga yang Digemari Ashraf Sinclair"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/up)