Minggu, 30 Jun 2019 21:40 WIB

Agar Kuat Hadapi Senin Esok, Minum Ini Sebelum Tidur

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Segelas susu hangat bisa membantu tidur lebih nyenyak. (Foto: iStock) Segelas susu hangat bisa membantu tidur lebih nyenyak. (Foto: iStock)
Jakarta - Tidur yang nyenyak dan berkualitas merupakan rahasia sukses menghadapi hari Senin yang terasa berat. Ada beberapa cara untuk mendapatkannya, salah satunya adalah dengan meminum susu hangat, dan jika bisa ditambah dengan madu.

Mengapa susu dan madu? Menurut Jessica Garay Redmond, asisten profesor di Departemen Ilmu Pangan dan Nutrisi di Syracuse University di New York, sudah sejak lama anjuran meminum susu hangat sebelum tidur kita dengar dan karena susu merupakan sumber triptophan terbaik, seperti dikutip dari CNN.

Triptophan adalah asam amino yang sangat bermanfaat. Saat ia diserap oleh tubuh, ia terbagi menjadi dua senyawa kimiawi otak yang terkait dengan tidur, yakni melatonin (yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun secara alamiah), dan serotonin (yang memberikan rasa rileks dan mengantuk).


"Selain susu, cobalah untuk tetap terhidrasi dan minumlah cukup air. Agar tidur nyenyak tetap terhidrasi dengan air. Tertidur dengan kondisi sedikit dehidrasi bisa mengganggu tidurmu," katanya.

National Academies of Science merekomendasikan bagi pria untuk mengonsumsi sekitar 3,7 liter agar terhidrasi cukup, dan wanita sekitar 2,7 per harinya. Redmond menegaskan untuk menjauhi apapun yang mengandung kafein, seperti misalnya kopi dan alkohol.

Walau secara teknis alkohol bisa membantu kita tertidur, namun justru membuat kita terperangkap pada tahap-tahap ringan tidur dan secara dramatis mengurangi kualitas istirahat malam, imbuh Rebecca Robbins, rekan riset pasca doktoral di Department of Population Health di NYU Langone Health.

"(Alkohol) terus menarikmu dari tahap rapid eye movement dan tahap yang lebih dalam, membuatmu terbangun merasa kekurangan tidur," pungkasnya.



Simak Video "Manfaat Susu A2 Dibanding Susu Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)