Senin, 01 Jul 2019 11:21 WIB

Berikut Cara Mengatasi Kesemutan, Bukan Ditepuk-tepuk Ya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi kaki kesemutan. Foto: shutterstock Ilustrasi kaki kesemutan. Foto: shutterstock
Jakarta - Kesemutan seringnya terjadi di area kaki, bisa di betis atau telapak kaki. Saat kesemutan menyerang, biasanya seseorang akan mengalami mati rasa terlebih dahulu sebelum sensasi semut dan rasa ditusuk jarum datang menghampiri.

Memang paling mudah mendeteksi ketika teman kita mengalami kesemutan. Raut mukanya pasti akan jauh berbeda dan gerakannya tiba-tiba melambat. Bagi yang iseng, kadang akan memegang area yang kesemutan itu dan ditepuk-tepuk. Katanya sih itu cara yang ampuh mengatasi kesemutan.

Padahal kata spesialis saraf dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Frandy Susatia, SpS, saat kesemutan, kaki digerakkan saja, tidak perlu ditepuk-tepuk.



"Digerakin saja nanti juga hilang sendiri. Gerakin saja nanti juga darahnya jalan lagi. Nggak perlu ditepuk-tepuk," tuturnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Dikutip dari WebMD, pada beberapa kasus, kesemutan dapat hilang dengan sendirinya. Selain itu, kesemutan dapat dicegah dengan menkgonsumsi makanan yang kaya vitamin B6 dan B12.

Hal yang perlu diingat adalah, jika kesemutan dan mati rasa terjadi terus-menerus, konsultasikan ke dokter untuk mendiagnosis apakah kamu mengalami kesemutan kronis atau penyakit lainnya.




Tonton video Apakah Sering Kesemutan adalah Indikasi Stroke?:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Apakah Sering Kesemutan adalah Indikasi Stroke? "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)