Kamis, 04 Jul 2019 07:45 WIB

Facebook Akan Saring Produk dan Berita Kesehatan Hoaks

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Facebook berusaha mengurangi hoaks kesehatan. (Foto: Reuters) Facebook berusaha mengurangi hoaks kesehatan. (Foto: Reuters)
Jakarta - Banyaknya iklan-iklan dan promosi produk kesehatan dengan iming-iming yang sangat menggiurkan membuat Facebook memutuskan untuk menyaringnya. Sudah ada dua update yang diluncurkan pada bulan Juni lalu untuk mengurangi postingan yang berisi klaim kesehatan sensasional atau berlebihan.

Misalnya postingan yang berisi obat-obatan yang mengklaim sebagai 'penyembuh manjur' atau 'penyembuh ajaib'. Atau pil-pil penurun berat badan yang belakangan ini banyak kita lihat di media sosial.


Hal ini dilakukan sebagai bagian dari usaha Facebook menyortir hoaks dan misinformasi. Penyebaran klaim kesehatan yang salah kaprah ditandai sebagai masalah dalam beberapa laporan media, demikian dilaporkan situs Reuters.

Salah satunya media Wall Street Journal yang baru-baru ini melaporkan bahwa Facebook dan YouTube dipenuhi dengan 'informasi berbahaya' soal penanganan kesehatan.

"Kami tahu bahwa orang-orang tak menyukai postingan yang sensasional atau spam, dan konten kesehatan yang salah menyesatkan sangat buruk bagi masyarakat kita," kata product manager Facebook, Travis Yeh.

Para pengguna Facebook bisa tetap merasa aman, pasalnya perubahan baru ini tidak akan berdampak besar pada laman beranda mereka.



Simak Video "Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)