Selasa, 09 Jul 2019 15:45 WIB

12 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Fithria Pratiwi - detikHealth
12 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh/Foto: iStock 12 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh/Foto: iStock
Jakarta - Lidah buaya diketahui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat untuk kesehatan.

Lidah buaya mengandung antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, vitamin A, B, C, dan E. Di dalam lidah buaya juga mengandung asam amino esensial. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimilikinya inilah yang membuat lidah buaya menjadi tanaman herbal yang baik untuk tubuh.

Berikut manfaat lidah buaya yang dirangkum dari berbagai sumber:



1. Membantu Menjaga Kesehatan Rambut

Ada banyak produk kesehatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini disebabkan karena lidah buaya dapat membantu menjaga kehitaman rambut, menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe, memberikan kilau rambut, dan mencegah rambut rontok. Kamu juga bisa mencoba manfaat lidah buaya ini dengan cara mengolahnya sendiri. Caranya yaitu dengan mengambil gel lidah buaya, dan jadikan gel lidah buaya tersebut untuk masker pada rambut.

2. Menjaga Kesehatan Bibir

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk memberikan kesehatan bibir. Lidah buaya dapat membantu melembapkan, menghaluskan, dan membuat bibir berwarna merah alami. Gunakan gel lidah buaya dengan cara mengoleskannya setiap hari pada bibir.

3. Membantu Mengatasi Jerawat

Lidah buaya mengandung zat yang memiliki khasiat anti radang dan antimikroba. Dengan khasiat tersebut, lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat. Kamu bisa menggunakan lidah biaya sebagai masker untuk wajah.

4. Melembapkan Kulit Badan

Kulit membutuhkan pelembap yang dapat menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakan lidah buaya karena kandungan zat polisakarida dan sterol yang dimilikinya dapat mempertahankan kelembapan kulit.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat lidah buaya juga bisa digunakan untuk penyembuhan luka. Kandungan kalsium dan antioksidan di dalam lidah buaya inilah yang dapat mempercepat membantu penyembuhan.

6. Membantu Mengurangi Berat Badan

Lidah buaya sangat membantu proses detoksifikasi tubuh. Hal ini akan membantu proses metabolisme dalam tubuh meningkat dan dapat mencegah terjadinya timbunan lemak.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lidah buaya dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh. Penyerapan vitamin dan mineral yang sempurna dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk menangkal segala virus dan bakteri yang masuk. Kamu dapat mengonsumsi lidah buaya dengan membuatnya menjadi jus.

8. Mengatasi Penuaan Dini

Munculnya garis-garis halus dan hilangnya kelenturan menjadi tanda-tanda penuaan dini. Kamu bisa mencegahnya dengan lidah buaya karena kandungan yang dimilikinya. Lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat mencegah bertambahnya kerutan.



9. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Kandungan fitonutrien pada lidah buaya sangat bermanfaat untuk hati. Fungsi hati akan bekerja optimal apabila mendapatkan nutrisi dan terhidrasi dengan baik. Mengonsumsi jus lidah buaya adalah cara terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan organ hati.

10. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan oleh kandungan sifat anti bakteri yang dimilikinya. Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasi plak gigi.

11. Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark terjadi karena kulit meregang terlalu lebar. Biasanya dapat sebabkan oleh situasi saat hamil, penurunan berat badan, atau peningkatan berat badan yang terlalu besar. Kamu dapat menggunakan lidah buaya dengan mengoleskannya pada bagian stretch mark tersebut.

12. Menjaga Sistem Pencernaan

Lidah buaya memiliki enzim yang dapat membantu pemecahan gula dan lemak yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu menurunkan iritasi di lambung dan usus.

Dengan banyaknya manfaat lidah buaya di atas, kamu dapat mencobanya untuk membantu menjaga kesehatan. Sebelum menggunakannya, pastikan bahwa lidah buaya yang kamu gunakan segar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!




Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)