Rabu, 10 Jul 2019 07:30 WIB

5 Langkah Meditasi yang Bisa Dicoba Agar Tidur Malam Nyenyak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tidur yang nyenyak merupakan kunci untuk menjalani pagi yang lebih baik. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Tidur yang nyenyak merupakan kunci untuk menjalani pagi yang lebih baik. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Tidur yang nyenyak merupakan kunci untuk menjalani pagi yang lebih baik. Dengan kehidupan modern yang sangat sibuk dan menuntutmu bekerja lebih lama, tentu bisa jadi tidur nyenyak adalah suatu kemewahan yang sulit didapatkan.

Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa tidur nyenyak, salah satunya meditasi. Meditasi bisa dilakukan di atas tempat tidur sebelum kamu memejamkan mata, tak perlu alat, tak perlu banyak waktu, hanya butuh dirimu seutuhnya dan pikiran yang fokus.

Meditasi merupakan praktek di mana seseorang menggunakan sebuah teknik atau memfokuskan pikiran mereka pada objek, pemikiran atau aktivitas tertentu. Biasanya dengan tujuan untuk melatih perhatian dan kesadaran dan mencapai keadaan mental dan stabil yang jelas secara emosional.

Dikutip dari Mind Body Green, Katie Chamberlain Kritikos, seorang instruktur yoga tersertifikasi dan juga penulis dari Milwaukee, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa meditasi sebelum tidur yang ia temukan tak sengaja sangat membantunya.

"Setelah beberapa tahun berlatih dan enam bulan mengajar yoga, aku akhirnya menemukan napasku sendiri dan menyadari kekuatannya untuk menenangkan, mengembalikan dan memusatkan. Malam itu (saat menemukannya) aku tidur sangat nyenyak dan tetap seperti itu hingga kini," tuturnya.



Ia melanjutkan, bermeditasi walau hanya beberapa menit dalam sehari bisa membawa dampak tersendiri terutama pada kesehatan. Misalnya menurunkan denyut jantung dan mengurangi stres secara keseluruhan.

Katie membagikan lima langkah yoga mudah dan simpel yang bisa kamu coba agar bisa tidur nyenyak malam ini. Sebelumnya, buat ruang tidurmu sesenyap mungkin dan duduk di tempat yang nyaman (tak masalah bila di kasur), pejamkan mata dan lakukan lima langkah ini:

1. Berhitung mundur dari 100, ulangi terus apabila kamu berhenti di tengah-tengah. Jangan bersikukuh untuk mengingat yang kamu lupakan, jika kamu lupa atau terselip langsung ulangi kembali dan berhitung. Tidak ada rumus benar atau salah, ingat kamu hanya bermeditasi untuk fokus.

2. Konsentrasikan pikiran pada satu objek, bisa wajah orang yang kamu sayang, atau satu tempat yang kamu suka, warna, atau apapun. Biarkan pikiranmu menjadi jernih dan fokus pada satu hal tersebut. Dan perhatikan apa yang kamu rasakan saat memikirkan hal tersebut.



3. Jangan malu untuk mengucapkan mantra seperti "Saya bersyukur hari ini atas...." atau "Terima kasih.." Kamu bisa mengucapkannya dengan berbisik atau mengulangnya dalam hati. Tidak perlu terburu-buru dan resapi kalimat tersebut. Jernihkan pikiran sementara kamu berfokus padanya.

4. Praktikkan pernapasan yoga atau yang disebut Pranayama. Bernapaslah hanya melalui lubang hidung dan biarkan udara tertarik ke belakang tenggorokan hingga membuat suara seperti ombak saat menarik dan menghela napas. Lakukan hingga tubuh terasa hangat, lalu lakukan latihan napas tarik empat kali, tahan dua kali dan lepaskan dua kali hitungan. Ulangi selama dua hingga tiga menit.

5. Masih dalam latihan napas Pranayama, tutup lubang hidung kiri dengan jari manis kananmu. Tarik napas empat kali hitungan hanya melalui lubang hidung kanan, tahan napas selama dua hitungan dengan menutup lubang hidung kanan menggunakan jempol, lalu lepaskan napas dan jari manis kanan, keluarkan melalui lubang hidung kiri. Ulangi selama dua hingga tiga menit.



Simak Video "Catat! Tidur Setelah Sahur Itu Bahaya Lho"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)