Kamis, 11 Jul 2019 17:15 WIB

12 Tanda Tubuh Alami Dehidrasi, Harus Dicegah!

Fithria Pratiwi - detikHealth
12 Tanda Tubuh Alami Dehidrasi, Harus Dicegah!/Foto: iStock 12 Tanda Tubuh Alami Dehidrasi, Harus Dicegah!/Foto: iStock
Jakarta - Kalau kamu mengalami dehidrasi, maka tubuh tidak dapat berfungsi secara normal. Dehidrasi dapat dikenali dengan beberapa tanda-tanda. Apa saja?

Dehidrasi terjadi ketika seseorang kekurangan cairan yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan cairan ini akan mengakibatkan keseimbangan gula dan garam di dalam tubuh terganggu.

Ada beberapa tanda-tanda atau ciri-ciri dehidrasi yang dapat kamu kenali. Berikut rangkumannya yang didapatkan dari berbagai sumber:



1. Bau Mulut

Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Hal ini disebabkan pada saat dehidrasi tubuh akan memproduksi air liur lebih sedikit. Kurangnya air liur ini yang menyebabkan berkembangnya bakteri mulut dan membuat aroma yang tidak sedap.

2. Urine Berwarna Kuning Pekat

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal akan mencoba untuk menghentikan produksi urine. Akibatnya, urine akan berwarna kuning pekat.

3. Merasa Pusing

Tekanan darah cenderung turun saat tubuh mengalami kekurangan cairan. Selain itu, dehidrasi juga memengaruhi sistem vestibular yang berfungsi membantu menjaga keseimbangan. Kondisi inilah yang membuat tubuh merasa pusing hingga mual.

4. Badan Lemas dan Mengantuk

Badan lemas juga bisa menjadi ciri-ciri dehidrasi. Badan yang lemas membuat kamu mudah mengantuk dan tidak bersemangat. Kamu harus bisa mengatasinya dengan minum air yang cukup agar tubuh mendapatkan cairan.

5. Jantung Berdebar

Dehidrasi akan membuat tekanan darah menurun yang membuat suplai oksigen ke otak menjadi terhambat. Jantung juga akan terasa lebih cepat berdetak karena memompa darah lebih keras untuk beredar ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa menjadi pertanda dehidrasi berat.

6. Kram Otot

Berkurangnya kadar cairan dapat berdampak terhadap kadar kandungan tubuh yang lain, salah satunya elektrolit dalam tubuh. Elektrolit tubuh dapat memengaruhi kadar kandungan garam dan potasium dalam tubuh yang dapat menimbulkan efek kram otot.

7. Sembelit

Ketika dehidrasi, tubuh mengalami kekurangan cairan dan memberikan dampak pada usus besar. Usus besar akan menghemat air yang mengakibatkan fases menjadi keras dan kering. Hal ini yang membuat sulit untuk buang air besar atau sembelit terjadi.

8. Kesadaran Menurun

Badan yang lemas akibat dehidrasi akan membuat kesadaran menjadi menurun. Dehidrasi yang berlangsung terlalu lama akan memberikan dampak hilangnya kesadaran. Cairan dibutuhkan sebagai transportasi untuk membawa darah ke seluruh tubuh termasuk mensuplainya ke otak.

9. Tangan dan Kaki Menjadi Dingin

Kurangnya suplai oksigen dalam tubuh akibat dehidrasi dapat membuat tangan dan kaki menjadi dingin. Selain terasa dingin, jari-jari pada tangan dan kaki akan berubah warna menjadi pucat.

10. Kulit Kurang Elastis

Tanda dehidrasi bisa dilihat dari tingkat elasitisitas kulit. Caranya, kamu dapat mencubit punggung tangan dan lihat perubahan pada saat melepaskannya. Jika mengalami dehidrasi, ketika melepaskannya kulit akan lambat kembali menjadi normal.



11. Mata Cekung

Mata cekung bisa menjadi salah satu tanda mengalami dehidrasi. Bagian bawah kelopak mata akan semakin besar dan mata terlihat sayu. Kondisi ini memasuki jenis dehidrasi sedang yang berpotensi ke dehidrasi berat.

12. Badan Merasa Kepanasan

Keringat yang sebagian besar terdiri dari air akan berhenti mengeluarkan keringat ketika tubuh kekurangan cairan. Hal ini akan membuat badan akan merasa lebih panas.

Itulah 12 tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui tanda-tanda di atas, tentunya kamu harus mengatasinya dengan minum banyak cairan seperti air dan jus.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi cairan yang mengandung campuran potassium, garam, dan gula yang dapat mengembalikan keseimbangan cairan tubuh. Jika dehidrasi yang dialami termasuk dalam kategori yang berat, kamu perlu datang ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Selamat mencoba!




Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)