Jumat, 12 Jul 2019 09:20 WIB

Ketiak Hitam Pertanda Iritasi Kronis, Ini Saran Dokter untuk Mengatasinya

Kintan Nabila - detikHealth
Ketiak hitam adalah tanda bahwa kulit mengalami iritasi kronis. (Foto: iStock) Ketiak hitam adalah tanda bahwa kulit mengalami iritasi kronis. (Foto: iStock)
Jakarta - Banyak perempuan malas memakai deodoran, karena selain gatal juga bisa bikin kulit ketiak jadi hitam. Karakteristik kulit ketiak sangat tipis dan merupakan daerah yang sensitif sehingga rentan terjadi iritasi.

Tanda ketiak mengalami iritasi kronis adalah kulit mengalami gejala kemerahan, bersisik, rasa tertusuk, terbakar, gatal, kemudian warna kulit menggelap.

dr MelyawatiHermawan, SpKK, dari PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) JAYA, mengatakan bahwa kulit ketiak yang menghitam termasuk iritasi kronis karena pemilihan produk yang salah.

"Iritasi itu enggak cuma merah dan gatal. Gejalanya lama-lama bisa hilang, tapi nggak lantas sembuh. Jika dibiarkan malah tambah parah dan terakumulasi bertahun-tahun hingga kulit menggelap. Jadi tandanya kulit nggak cocok pakai produk deodoran tertentu," katanya pada detikHealth, Kamis (11/7/2019).


Faktanya deodoran tidak akan membuat kulitmu menghitam. Penyebab utamanya karena kamu memakai produk yang tidak cocok dengan kondisi kulit. Sebab itu, perempuan yang memiliki kulit ketiak sensitif rata-rata menghindari pemakaian deodoran.

"Bagi pemilik kulit ketiak sensitif, kandungan parfum, paraben, ataupun alkohol dalam deodoran bisa memicu terjadinya iritasi atau alergi sehingga banyak perempuan yang menghindari deodoran," kata dokter Mely.

Ia juga menambahkan bahwa, deodoran dapat membantu mengatasi permasalahan keringat berlebih yang umumnya terjadi akibat perubahan gaya hidup seperti mengonsumsi makanan cepat saji, minuman berkafein, obat-obatan, dan kondisi emosional seperti stres dan rasa khawatir.





Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)