Jumat, 12 Jul 2019 13:19 WIB

Benarkah Daun Insulin Bisa Tangkal Diabetes?

Raras Prawitaningrum - detikHealth
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak obat herbal yang diklaim dapat menyembuhkan diabetes. Salah satunya yang sedang populer adalah daun insulin. Daun ini diyakini dapat menurunkan kadar gula darah. Benarkah begitu?

Daun insulin atau costus igneus merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini memiliki daun yang tersusun secara spiral dengan bunga yang menarik. Umumnya, daun insulin ditumbuhkan untuk digunakan sebagai tanaman hias dan daunnya digunakan sebagai obat herbal.


Jurnal 'A Review on Insulin Plant' yang dilansir dari NCBI mengungkapkan daun insulin banyak digunakan sebagai herbal untuk mengatasi diabetes di India. Umumnya, penderita diabetes mengonsumsi satu daun setiap harinya untuk menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak naik.

Hasil ekstraksi daun insulin menunjukkan bahwa daun ini mengandung senyawa antioksidan dan senyawa fitokimia. Namun penelitian yang mempelajari manfaat daun insulin untuk penderita diabetes umumnya masih dilakukan pada hewan percobaan dan tidak semua menunjukkan hasil positif.

Selain itu, kandungan asam palmitat pada daun insulin juga diketahui dapat mendorong terjadinya degenerasi miofibril dan meningkatkan rasio kolesterol jahat terhadap kolesterol baik yang merupakan penanda penting dari penyakit jantung. Maka dikatakan bahwa konsumsi daun insulin secara rutin untuk penderita diabetes sesungguhnya tidak disarankan karena masih belum memiliki cukup bukti dalam hal efektivitas dan keamanannya.

Jangan Sembarang Tangani Diabetes

Hingga kini diabetes sebenarnya tidak dapat disembuhkan. Belum ada obat atau produk herbal yang bisa menyembuhkan diabetes. Adapun cara menangani diabetes seperti dilansir dari Joslin Diabetes Center adalah dengan mengontrol kadar gula darah untuk menghindari risiko komplikasi dan menjaga kualitas hidup.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengatur pola makan sehat demi mengontrol kadar gula darah. Pilih juga makanan yang tinggi serat dan konsumsi cukup air.


National Diabetes Education Program mengatakan pembatasan asupan gula, garam, dan lemak juga penting untuk menjaga kontrol gula darah dan menghindari komplikasi diabetes yang berbahaya. Salah satunya dengan memilih produk yang rendah gula, garam, atau lemak.

Bagi penderita diabetes yang memiliki berat badan berlebih harus membatasi asupan kalori harian guna menurunkan berat badan yang akan bermanfaat membantu kontrol gula darah. Selain itu, kombinasikan pola makan sehat dan aktivitas fisik secara rutin. Konsumsi juga obat-obatan jika diperlukan sesuai anjuran dokter, rutin melakukan pemeriksaan, dan berkonsultasi dengan dokter demi menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/up)