Jumat, 12 Jul 2019 18:15 WIB

8 Cara Obati Infeksi Saluran Kemih dengan Alami

Virgina Maulita Putri - detikHealth
8 Cara Obati Infeksi Saluran Kemih dengan Alami Foto: ilustrasi/thinkstock 8 Cara Obati Infeksi Saluran Kemih dengan Alami Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Infeksi saluran kemih (ISK) atau yang biasa disebut infeksi saluran kencing atau urinary tract infection disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam saluran kencing. Penyakit ini bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan, tapi perempuan memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit ini.

Hal ini dikarenakan uretra yang ada di wanita lebih pendek dari pada uretra pada pria, sehingga bakteri lebih mudah memasuki kandung kemih. Bahkan, hampir setengah dari seluruh perempuan pernah mengalami ISK.



Selain disebabkan oleh bakteri E.coli, infeksi saluran kemih juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti klamidia, jamur, dan virus. Gejala penyakit ini biasanya ditandai oleh rasa sakit saat buang air kecil, urin keruh bahkan berdarah, urin berbau tidak sedap, rasa kram di perut bagian bawah, rasa ingin buang air kecil terus-terusan, dan demam.

Jika ISK dibiarkan berlarut-larut dan tidak segera diobati bisa menimbulkan komplikasi seperti gangguan pada ginjal, sepsis, penyempitan uretra, dan risiko melahirkan secara prematur pada ibu hamil.

Walaupun bisa diobati secara medis menggunakan antibiotik, penyakit ini juga bisa diobati dan dicegah menggunakan cara alami. Berikut adalah delapan cara alami untuk mengobati infeksi saluran kemih seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

1. Mengonsumsi Probiotik

Probiotik merupakan bakteri yang baik untui pencernaan yang bisa didapatkan dari makanan atau suplemen. Sebuah studi menemukan bahwa Lactobacillus yang merupakan salah satu jenis probiotik bisa mencegah ISK pada wanita dewasa.

Beberapa makanan yang mengandung probiotik antara lain yogurt, kefir, kimchi, dan kombucha.

2. Jus Cranberi

Jus cranberi tanpa gula merupakan salah satu obat alami untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Cranberi bekerja dengan cara mencegah masuknya bakteri ke dalam saluran kemih, sehingga bisa mencegah infeksi.

3. Konsumsi Vitamin C

Meningkatkan konsumsi vitamin C juga dapat mencegah infeksi salurah kemih. Karena vitamin C dapat meningkatkan tingkat keasaman urin sehingga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, grapefruit, dan kiwi bisa kalian konsumsi untuk mengobati ISK.

4. Teh Hijau

Studi menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kandungan antimikroba yang bisa menangkal bakteri E. coli yang menyebabkan ISK. Selain itu teh hijau juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada kandung kemih.

8 Cara Obati Infeksi Saluran Kemih dengan Alami8 Cara Obati Infeksi Saluran Kemih dengan Alami Foto: Istimewa


5. Minum Banyak Air

Minum air putih secara teratur setiap hari bisa menjadi langkah awal untuk mencegah dan mengobati ISK. Karena delapan hingga sepuluh gelas air per hari bisa menghilangkan bakteri yang dikeluarkan melalui urine.

Selain itu, kalian juga disarankan untuk menghindari minuman berkafein seperti soda, kopi, dan teh serta minuman beralkohol dan minuman manis.



6. Jangan Tahan Buang Air Kecil

Usahakan untuk buang air kecil secara reguler karena bisa menghilangkan bakteri dari saluran kencing yang bisa menyebabkan infeksi. Jadi jangan pernah menahan buang air kecil karena bisa menyebabkan bakteri semakin berkembang di kandung kemih.

7. Gunakan Kompres Panas

Bantal kompres panas bisa meringankan rasa sakit pada area kandung kemih. Cara menggunakannya jangan langsung diaplikasikan ke kulit, melainkan lapisi dengan kain untuk pemisah. Gunakan maksimal selama 15 menit agar kulit tidak terasa terbakar.

8. Jaga Kebersihan Area Kandung Kemih

Selalu jaga kebersihan area kandung kemih dan genital untuk mencegah infeksi saluran kemih. Pastikan kalian tidak menggunakan sabun pembersih kewanitaan, bilas daerah genital dari depan ke belakang agar kuman tidak berpindah ke area saluran kencing, lalu keringkan. Selain itu sebisa mungkin gunakan sabun yang tidak memiliki pewangi tambahan.

Simak Video "Ini Bedanya Infeksi Saluran Kemih dengan Anyang-anyangan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
News Feed