Selasa, 16 Jul 2019 07:09 WIB

5 Penyakit Sehari-hari yang Ternyata Nama Ilmiahnya Keren Banget

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
V BTS mengaku mengidap cholinergic urticaria alias biduran (Foto: Getty Images) V BTS mengaku mengidap cholinergic urticaria alias biduran (Foto: Getty Images)
Jakarta - Nama penyakit Cholinergic Urticaria mendadak trending di Google setelah bintang Kpop, V BTS, kedapatan mengidapnya. Sehari-hari, orang awam mengenal penyakit ini dengan istilah biduran.

Ada banyak penyakit yang memang lebih dikenal dengan sebutan populernya. Kadang-kadang, tidak terbayangkan bahwa penyakit yang dekat sekali dengan keseharian itu punya nama ilmiah yang keren banget.

Dirangkum detikHealth, berikut 5 penyakit yang kalau disebut dengan nama ilmiahnya jadi nggak malu-maluin lagi.

1. Biduran
Bintang Kpop, V BTS, mengaku mengidap Cholinergic Urticaria yang membuat kulitnya gatal-gatal. Dalam keseharian, orang awam mengenal urticaria dengan istilah populernya yakni biduran. Cholinergic Urticaria adalah biduran yang dipicu oleh regulasi suhu tubuh maupun lingkungan, misalnya saat berkeringat karena olahraga.



2. Panu
Kalau tidak cukup percaya diri mengakui punya infeksi panu, tidak ada salahnya menyebut Pityrasis versicolor atau Tinea versicolor. Keduanya adalah nama lain dari infeksi jamur di permukaan kulit, yang selama ini dikenal dengan istilah panu.



3. Kremi
Aktris cantik Kristen Bell terang-terangan mengaku pernah mengalami infeksi pinworm. Terdengar keren sih awalnya, sampai ada yang menerjemahkannya menjadi infeksi cacing kremi atau keremi. Di beberapa daerah, disebut kerawit. Gara-gara penyakit ini, Kristen mengalami gatal-gatal di area dubur.



4. Selilitan
Celah gigi yang lebar kerap membuat serat daging atau makanan tersangkut. Selain terasa tidak nyaman, juga berisiko memicu kerusakan gigi bila tidak dibersihkan. Jika orang awam menyebutnya selilitan, dokter mengenalnya dengan istilah food impaction. Keren ya?



5. Tindihan
Tindihan atau ketindihan adalah sebutan awam untuk kondisi terjaga tetapi tidak bisa bergerak saat terbaring di tempat tidur. Kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis seperti ditindih jin atau setan, rupanya fenomena ini dikenal sebagai gangguan tidur yang disebut sleep paralysis.



Simak Video "Kenali Gejala Depresi yang Dialami Sulli dan Taeyeon SNSD"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)