Kamis, 18 Jul 2019 07:10 WIB

Diawali Sakit Kepala, Ibunda Artis Tya Ariestya Cerita Alami Tumor Otak

Rosmha Widiyani - detikHealth
Tya Ariestya bercerita kalau ibunya terkena tumor otak. (Foto: Instagram Tya Ariestya) Tya Ariestya bercerita kalau ibunya terkena tumor otak. (Foto: Instagram Tya Ariestya)
Jakarta - Ibunda artis Tya Ariestya rupanya pernah mengalami tumor otak. Penyakit yang diawali rasa sakit kepala hebat tersebut diceritakan dalam video yang diunggah di akun Instagram putrinya.

"Tiba-tiba sakit kepala, pusing, biasanya sembuh kalau dibawa istirahat. Tapi ini nggak sembuh juga terus ke dokter. Kepala masih sakit hingga akhirnya ke rumah sakit," kata sang ibu, seperti dilihat oleh detikcom pada Selasa (16/7/2019).

Dalam unggahan Tya yang lain disebutkan, sakit kepala hebat dirasakan sang bunda pada 28 Mei 2019. Sakit kepala tak kunjung reda meski telah nginep 2 malam di rumah sakit. Dokter akhirnya menyarankan sang bunda melakukan CT Scan sebelum dibolehkan pulang.

Menurut Tya, dirinya bagai disambar petir saat menerima hasil pemeriksaan dan diagnosa dokter. Sang bunda sebelumnya tidak pernah mengeluh sakit, bahkan melakukan semua kegiatannya sendiri. Meski sempat sedih, Tya bersyukur sang bunda mau dioperasi untuk mengangkat tumor grade 1 tersebut dan kini sudah kembali dari rumah sakit.


Dikutip dari situs The Brain Tumour Charity, sakit kepala adalah gejala yang dialami 50 persen pasien tumor otak. Sakit kepala tidak langsung disebabkan tumor, karena otak tidak punya reseptor sakit.

Sakit kepala diakibatkan tekanan pada syaraf atau pembuluh darah pada otak. Sensasi juga bisa diakibatkan hambatan pada cerebrospinal fluid (CSF). Pembuluh CSF mengelilingi otak dan tulang belakang yang bertugas melindungi dan menutrisi organ vital tersebut.

Sakit kepala akibat tumor berbeda dengan kondisi lain. Dokter mungkin tidak curiga jika sakit kepala terjadi sesekali, sebentar, tidak terlalu mengganggu, dan punya sebab yang jelas misal sedang pilek, flu, atau kurang tidur.

Sensasi sakit kepala akibat tumor biasanya lebih berat dan sering. Gejala ini berlanjut dengan masalah dalam pendengaran, penglihatan, koordinasi, reflek, serta kekuatan kaki dan lengan. Jika merasakan sakit kepala ini, sangat disarankan segera berkonsultasi dan mendapat penanganan dari dokter.



Simak Video "Infeksi Saluran Kemih, Bayi 6 Bulan Tya Ariestya Disunat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)