Kamis, 18 Jul 2019 07:35 WIB

Tahapan Operasi Angkat Gelambir yang Akan Dijalani Aria 'Bocah Tergemuk'

Rosmha Widiyani - detikHealth
Aria menjalani proses bedah plastik pengangkatan kulit bergelambir di RS Hasan Sadikin Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin) Aria menjalani proses bedah plastik pengangkatan kulit bergelambir di RS Hasan Sadikin Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin)
Jakarta - Akhirnya perjalanan panjang Aria Permana (13) asal Karawang, Jawa Barat, untuk bisa beraktivitas normal usai mengalami obesitas ekstrem mencapai langkah akhir. Ia dijadwalkan untuk menjalani operasi pengangkatan gelambir di RS Hasan Sadikin Bandung pada minggu depan.

Operasi ini dilakukan guna mengangkat kulit gelambir yang diakibatkan penurunan drastis bobotnya dari 192 kg hingga 87 kg. Kulit gelambir tersebut akan diangkat dalam operasi yang bertahap, tidak sekaligus, demikian penuturan Tisnasari Hafsah yang tergabung dalam tim dokter yang menangani Aria.

Seperti apa tahapan pengangkatan operasi gelambir? Dokter spesialis bedah rekonstruksi dr Fonny Josh, Sp.BP-RE(K) menjelaskan kepada detikHealth bahwa operasi tersebut termasuk operasi bedah plastik.


Operasi ini akan membuang kulit berlebihan yang terdapat di area-area tubuh secara bertahap. Misalnya pada Aria, terlihat gelambir pada kedua lengan, kedua paha, perut, pinggang, punggung, bahkan kedua payudaranya juga bergelambir.

"Mungkin yang pertama dikoreksi adalah bagian perut dan pinggang. Prosedurnya disebut abdominoplasty. Dibuat irisan sedikit di bawah garis celana dalam, bentuknya memanjang dari pinggang kiri melewati bawah pusat hingga ke pinggang kanan," ujar dr Fonny melalui pesan singkat, Rabu (17/7/2019).

Lebih lanjut, dokter yang berpraktik di Klinik Estetik FJ Immortal Makassar ini mengatakan seluruh kulit yang bergelambir di bagian perut akan dilakukan pembuangan atau eksisi. Biasanya kulit di sekitar pusar juga dibuat irisan sehingga kulit bergelambir yang ada di atas pusar juga dapat dikoreksi.

"Bila otot perutnya juga gelambir maka otot perut juga ikut di koreksi. Bila tidak, maka cukup lapisan kulit-lemak saja yang dikoreksi," imbuhnya.

Operasi pengangkatan gelambir ini disebutnya akan memakan waktu yang cukup panjang, terutama dengan tahapan-tahapan yang ada. dr Fonny mengibaratkan prosesnya bagaikan membangun rumah.

"Itu tidak bisa saya ketahui pasti. Seperti rumah, setelah pembuatan struktur utama selesai, maka akan ada tahap finishing. Finishing ini yang bisa berkali kali juga," pungkasnya.



Simak Video "Obesitas Banyak Risikonya, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)