Kamis, 18 Jul 2019 08:36 WIB

Operasi Terakhir dan Mimpi Aria 'Bocah Tergemuk' Jadi Pemain Sepakbola

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Transformasi Aria mengikis berat badannya. (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth) Transformasi Aria mengikis berat badannya. (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth)
Jakarta - Menjadi pemain sepakbola profesional adalah impian Aria Permana (13) sejak dulu. Namun ia sempat mengalami kesulitan untuk berlatih akibat berat badannya yang mencapai 192 kg.

Kini bobotnya sudah turun drastis hingga 87 kg setelah berolahraga, makan sehat, dan operasi bariatrik yang memangkas lambungnya menjadi hanya sepertiganya. Aria mengaku sudah bisa bermain sepakbola jauh lebih baik hingga mengikuti pertandingan.

"Sekarang (main sepak bola) lebih kuat. Dulu enggak bisa sama sekali, paling 5 menit. Sekarang satu pertandingan bisa. Jadi center back," kata Aria ketika ditemui wartawan detikcom di RS Hasan Sadikin Bandung, Rabu (17/7/2019).


Demi meraih impiannya, Aria dihadapkan dalam tahap terakhir yakni mengangkat kulit gelambir akibat bobotnya yang turun drastis. Operasi ini akan memakan waktu lama dan proses yang panjang. Lalu, usai operasi apakah Aria masih bisa bermain sepakbola lagi?

Dokter spesialis bedah rekonstruksi dr Fonny Josh, Sp.BP-RE(K) dari Klinik Estetik FJ Immortal Makassar mengatakan belum bisa. Usai operasi segala aktivitas harus dikurangi hingga 3 minggu pascaoperasi.

"Belumlah. Akan pakai korset khusus selama 2 bulan. Aktifitas akan dikurangi hingga 3 minggu post op (pascaoperasi)," tuturnya melalui pesan singkat.

Aria dijadwalkan akan menjalani operasi tersebut pada minggu depan di RS Hasan Sadikin Bandung. Tim dokter yang menanganinya menyebutkan operasi ini akan dilakukan dalam beberapa tahap, tidak dilakukan sekaligus.

Aria mengaku telah siap menjalani operasi itu. Dia bahkan senang kulit berlebih di badannya akan dihilangkan. Karena menurutnya kulit yang menggelambir di tubuhnya sedikit mengganggu saat bermain sepak bola. "Senang, enggak ada persiapan. (Tim dokter) bilangnya ini kulitnya dibuang," ucapnya.



Simak Video "Curhat Aria Permana Obesitas Hingga 192 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)