Kamis, 18 Jul 2019 14:07 WIB

Tips Agar Wajah Tidak 'Boros' alias Cepat Keriput Seperti di FaceApp

Kintan Nabila - detikHealth
Penampakan wajah yang diedit jadi keriput dengan aplikasi wajah tua FaceApp (Foto: detikSport) Penampakan wajah yang diedit jadi keriput dengan aplikasi 'wajah tua' FaceApp (Foto: detikSport)
Jakarta - Aplikasi wajah tua FaceApp yang tengah ngehits tak hanya menciptakan keseruan. Bagi sebagian orang, prediksi tampilan wajah saat lanjut usia adalah mimpi buruk yang menakutkan.

Bagi orang-orang tertentu yang memiliki wajah 'boros', aplikasi ini menyadarkan bahwa wajah mereka sudah 'auto-tua' tanpa perlu dipoles dengan aplikasi apapun. Artinya, secara natural wajahnya memang kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya alias cepat kusam dan keriput.

Bisa jadi, ini merupakan tanda-tanda proses penuaan yang terjadi lebih cepat. Pemilik wajah 'boros' seperti ini harus melakukan sesuatu untuk menghambat proses penuaan, dan tidak dipermalukan oleh aplikasi lagi. Bagaimana caranya?

"Banyak senyuman!" saran dr Laksmi Duarsa, SpKK dari RS Surya Husada Bali saat dihubungi detikHealth, Kamis (18/7/2019).



Beberapa tips simpel lainnya yang disarankan dr Laksmi adalah sebagai berikut:

- Hidup secara alami..
- Kurangi pemakaian kosmetik bila tidak perlu
- Jangan stress
- Hidup sehat
- Kurangi paparan sinar matahati
- Kurangi paparan polusi udara

"Pokoknya hidup happy, polusi udara dikurangi," tambahnya.

Namun tips ini tidak berlaku bagi beberapa orang yang mengalami penuaan dini akibat kondisi tertentu. Salah satunya progeria, sindrom langka yang menyerang 1 di antara 4 juta orang di dunia. Pada kondisi ini, seseorang bisa tampak seperti sudah berusia 60-70 tahun saat usia sebenarnya baru belasan tahun.

"Kalau karena progeria, obat yang pasti tidak ada. Hanya mengurangi gejala dan menunda perkembangannya," jelas dr Laksmi.



Simak Video "Hindari Penuaan Dini, Kurangi Makanan dan Minuman Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)