Kamis, 18 Jul 2019 19:34 WIB

Harus Tahu! Seperti Ini Ciri-ciri Pelaku Bullying

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi bullying. Foto: Thinkstock Ilustrasi bullying. Foto: Thinkstock
Jakarta - Mulai dari anak-anak hingga dewasa, perundungan atau bullying bisa saja terjadi. Pelaku bullying biasanya memiliki niat untuk menyakiti atau menindas korban secara terus-menerus.

Menurut psikolog dari RS Pondok Indah, Jane Cindy Linardi, MPsi, Psikolog, ada karakter pelaku bullying yang bisa terlihat, terutama dari sisi emosionalnya.

"Regulasi emosinya kurang, gampang marah, gampang tersinggung, susah mengontrol emosi," ujarnya saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).


Selain itu, pelaku bullying biasanya memiliki perilaku agresif di mana jika merasa marah, maka seseorang itu bisa melakukan kekerasan fisik maupun verbal. Di sini lah bullying yang dilakukan seseorang bisa terlihat.

Seorang pelaku bullying biasa bersifat cenderung ingin berkuasa dan mendominasi. Biasanya juga memiliki sifat kurang empati pada orang lain.

"Konsep dirinya negatif, sehingga mencari kompensasi dengan tindakan bullying agar disegani, ditakuti," imbuh Jane.

Jane menambahkan, pelaku bullying biasanya sudah terbiasa atau terpapar dengan kekerasan, baik di keluarganya maupun di lingkungan sekolah atau permainan.



Simak Video "Tanya Jawab dengan Psikolog soal Tekanan Sosial dan Bunuh Diri "
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)