Jumat, 19 Jul 2019 15:15 WIB

Kopi Mencegah atau Menyebabkan Kanker? Ilmuwan Sudah Temukan Kesimpulannya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ibarat pisau bermata dua, kopi kerap dituding sebagai penyebab sekaligus penangkal kanker (Foto: Thinkstock) Ibarat pisau bermata dua, kopi kerap dituding sebagai penyebab sekaligus penangkal kanker (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kopi sempat jadi primadona karena kandungan antioksidannya dianggap bisa mencegah kanker. Namun belakangan, ada penelitian lain yang mengungkap ada kandungan acrylamide yang memberikan efek sebaliknya. Mendadak, kopi dituding sebagai penyebab kanker.

Kesimpang-siuran tersebut akhirnya menemukan jawaban. Para ilmuwan di Queensland menemukan bahwa kopi dan kanker tidak ada hubungannya. Artinya, tidak ada bukti bahwa kopi bisa memicu kanker.

Zat kimia acrylamide yang biasa ada di makanan yang diproses dengan temperatur tinggi memang bisa menjadi pencetus kanker pada kadar tinggi. Tapi dalam kopi, kadarnya tidak sebanyak itu.

"Dalam hubungannya antara kopi yang dikonsumsi setiap hari dan apakah mereka terkena kanker, kami tak temukan korelasinya," kata Prof Stuart MacGregor dari QIMR Berghofer Medical Research Institute.



Lalu apakah benar bisa mencegah kanker? Memang benar ada kandungan antioksidan di dalam kopi, tetapi para ilmuwan menganggapnya tidak cukup untuk bisa mencegah kanker.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa mengubah konsumsi kopi bukanlah langkah yang tepat untuk mencegah diri dari kanker," tutur Prof MacGregor, dikutip dari Medicalxpress.

Menurut Prof MacGregor, seseorang lebih berisiko terkena kanker karena gaya hidup tidak sehat. Di antaranya minum alkohol, merokok, makan makanan cepat saji, dan banyak lagi. yang pasti, tidak mungkin cuma gara-gara kopi.



Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)