Jumat, 19 Jul 2019 17:55 WIB

Stres hingga Terpikir Ingin Bunuh Diri? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Salmafina sempat punya keinginan bunuh diri. (Foto: Palevi S/detikFoto) Salmafina sempat punya keinginan bunuh diri. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Cerita Salmafina Sunan yang pernah ingin bunuh diri pun mencuat. Pemicu keinginannya itu tidak lain adalah karena ada banyak dorongan yang membuat dirinya mengalami stres.

Tidak hanya Salmafina yang merasa stres kemudian muncul keinginan bunuh diri, ada banyak orang lain yang merasakan hal serupa. Stres merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang karena adanya tekanan.

Agar tidak muncul keinginan bunuh diri, seseorang yang mengalami stres sebaiknya melakukan beberapa hal positif seperti berikut, dikutip dari WebMD.

1. Olahraga

Olahraga secara teratur adalah hal terbaik untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Olahraga juga bisa meningkatkan mood seseorang.

Setidaknya saat mengalami stres, berolahraga lah selama 2,5 jam dengan intensitas sedang. Misalnya kamu bisa memulai dengan berjalan cepat, jogging, atau berenang.



2. Latihan pernapasan

Jika tekanan bertubi-tubi menerpa, berhentilah sejenak dan tarik napas yang dalam untuk mengeluarkan tekanan dari dalam tubuhmu. Duduk dengan posisi sila, tutup matamu, bayangkan kamu berada di tempat yang sangat tenang dan nyaman seperti di pantai, taman bunga, atau tempat manapun yang membuat ketenangan pada dirimu. Tarik napas dalam dan buang perlahan. Lakukan selama 5-10 menit.

3. Makan yang benar

Makan yang benar berarti makan yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi-nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Menerapkan gaya makan seperti itu sesungguhnya bisa membuat mood lebih baik.

Makanan yang dipenuhi dengan sayuran, buah, gandum utuh, dan protein sangat baik untuk tubuhmu dan menurunkan kadar stres.

4. Lakukan hobimu

Kamu perlu memiliki waktu untuk menikmati hidup. Lakukan sesuatu yang membuatmu merasa lebih baik setiap hari. Pilih hobimu yang bisa dilakukan setiap hari paling tidak selama 15-20 menit, seperti membaca, melukis, menonton film, berolahraga, atau apapun hobimu.

5. Bicaralah!

Jangan kamu simpan sendiri tekanan dan keluh kesahmu. Dengan menceritakan masalah kepada orang lain, seperti teman dekat, keluarga, atau terapis bisa menurunkan tingkat stres yang dialami.

Bicaralah juga dengan dirimu sendiri mengenai segala hal yang positif tentang dirimu. Itu juga bisa membantumu menghilangkan stres. Katakan pada dirimu sendiri 'aku bisa melakukannya'.



Simak Video "Benarkah Menggunakan Vape Bisa Jadi Depresi?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)