Minggu, 21 Jul 2019 11:02 WIB

3 Alasan Nonton Film Horor Baik untuk Kesehatanmu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi nonton film horor. (Foto: Thinkstock) Ilustrasi nonton film horor. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Nonton film horor punya sensasi tersendiri. Jungkir balik emosi akan sering kali dirasakan saat menonton adegan tertentu yang membuat kita terkadang mengeluarkan teriakan saat sosok hantu muncul jelas di layar.

Ketika pemandangan yang menakutkan hadir, jantung kita berdegup kencang dan napas menjadi cepat. Di saat-saat ini rasanya seolah kita bisa pingsan kapan saja. Sementara yang lain mengklain bahwa ini adalah hal yang negatif, nonton film horor sebenarnya punya manfaat juga.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster menunjukkan nonton film horor bermanfaat bagi kesehatanmu. Film-film genre ini dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional. Bahkan beberapa film tertentu mampu membakar kalori hingga 200 kalori!


Berikut berbagai alasan lainnya nonton film horor baik untuk kesehatanmu dikutip dari Reader's Digest.

1. Nonton film horor membuat kelenjar adrenalin aktif

Kombinasi ketegangan antisipatif dan bahaya yang muncul saat menonton film horor ternyata berguna untuk membangkitkan indera yang tidak dikenali di otak, mengaktifkan respon kewaspadaan.

Peningkatan energi yang didapatkan dari memompa adrenalin membantu membuang hormon stresmu. Cobalah nonton film 'Pengabdi Setan', 'Jelangkung', atau 'Rumah Dara' untuk merasakan sensasi tersebut.


2. Adegan menakutkan dapat membantu menurunkan depresi

Tingkat adrenalin adalah alasan lain mengapa menonton film horor bisa bermanfaat bagi kesehatanmu. Mereka yang mengalami depresi, akan mengalami penurunan tingkat adrenalin yang parah.

Menonton adegan menakutkan secara mengejutkan mampu membuat seseorang yang depresi merasa lebih bahagia. Perasaan cemas, putus asa dan sedih dengan kuat ditangkis untuk memberikan ruang bagi hormon positif.

3. Membakar kalori dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena respon tubuh menjadi aktif, energi akan terbakar lebih banyak saat nonton film horor. Selain itu, nonton film horor pun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setelah menerima serangkaian sentakan dari adegan fulm yang menegangkan, otak mendapat gelombang dopamin, glutamat dan serotonin.

Ketiga hormon ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga otak dalam keadaan kuat. Juga, peredaran sel darah putih meningkat dengan cepat setelah menonton film horor.



Simak Video "Respons BPJS Kesehatan yang Disomasi Gara-gara 'Pakai' Joker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)