Selasa, 23 Jul 2019 11:57 WIB

Hiii! Gagang Pintu Toilet Pria 6 Kali Lebih Banyak Kuman daripada Toilet Wanita

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi toilet pria. Foto: iStock Ilustrasi toilet pria. Foto: iStock
Jakarta - Bicara soal kebersihan saat di toilet, tampaknya wanita lebih unggul daripada pria. Menurut sebuah penelitian, pria lebih sering melewatkan mencuci tangan setelah buang air kecil dibandingkan wanita.

Dikutip dari Daily Mail, hasil itu pun dibuatkan penelitian lagi baru-baru ini di London dan menemukan bahwa gagang pintu toilet pria mengandung bakteri hampir enam kali lebih banyak daripada gagang pintu toilet wanita.

Sampel diambil dari 24 pintu toilet wanita dan pria di kantor London dengan menggunakan perangkat genggam yang menggunakan cahaya untuk mengukur keberadaan mikroba.

Aktivitas mikroba di gagang pintu bagian dalam toilet pria menunjukkan pembacaan 1.085, sedangkan pembacaan pada gagang pintu toilet wanita hanya berkisar 188.



"Kami tahu dari penelitian kami bahwa wanita cenderung mempraktikkan kebersihan yang lebih baik dan lebih sering mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi," kata Sally Bloomfield, profesor dan guru besar London School of Hygiene dan Tropical Medicine.

Penelitian sebelumnya seorang ilmuwan dari Michigan State University, Prof Carl Borchgrevink, pernah melakukan riset soal itu. Dari 3.749 pengunjung toilet umum, terungkap bahwa memang tidak semua orang menyempatkan diri cuci tangan setelah pipis.

Dalam laporannya di Journal of Environmental Health, Prof Borchgrevink menyebut 15 persen pria dan 7 persen wanita tidak cuci tangan sebelum meninggalkan toilet. Di antara yang cuci tangan, hanya 50 persen pria dan 78 persen wanita yang memakai sabun.



Simak Video "Ini Bedanya Infeksi Saluran Kemih dengan Anyang-anyangan"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)