Rabu, 24 Jul 2019 10:43 WIB

Terlalu Sering Bermain Ponsel, Ini yang Terjadi pada Kulit

Kintan Nabila - detikHealth
Dampak terlalu sering bermain ponsel. Foto: Thinkstock Dampak terlalu sering bermain ponsel. Foto: Thinkstock
Jakarta - Hampir semua orang terobsesi pada smartphone. Selain untuk gaya, segala keperluan kita terpenuhi oleh benda kecil tersebut. Tanpa sadar, ponsel pintar ini telah mengambil alih sebagian besar waktu kita.

Dikutip dari Times of India, selain berdampak pada kesehatan mental, layar smartphone juga bisa menyebabkan kerusakan parah pada kulit, lho! Apa saja?

1. Kerutan Wajah

Kerutan kecil di sekitar mata pada umumnya terjadi di usia 30-an. Namun, jika kamu terlalu sering menyipitkan mata saat melihat layar ponsel, kerutan ini bisa muncul sejak pertengahan usia 20, lho!

Kurangi durasi bermain ponsel dan sering-seringlah beristirahat. Gunakan gel lidah buaya di bawah mata, biarkan selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan air dingin.



2. Jerawat

Layar ponsel menjadi tempat berkumpulnya segala bakteri. Saat kamu mengangkat telepon dan meletakkannya di telinga. Bakteri dari ponsel akan berpindah ke kulit.

Coba gunakan headphone untuk menerima panggilan telepon. Bersihkan ponsel sesering mungkin dengan kain mikrofiber, lakukan minimal sekali sehari. Kemudian, bersihkan wajah dengan produk anti jerawat.

3. Kulit pucat

Kulit pucat artinya kulit yang telah kehilangan warna kulit alami. Kulitmu akan tampak kekuningan atau kecokelatan. Namun, kulit pucat bukanlah tanda penuaan.

Terlalu banyak bermain ponsel dapat membuat kulit kusam dan pucat. Jangan gunakan ponsel dua jam sebelum tidur. Kemudian, hidrasi diri dengan baik sepanjang hari dengan mengkonsumsi buah segar yang baik untuk kesehatan kulit.



Simak Video "Apa Itu Text Neck?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)