Rabu, 24 Jul 2019 20:17 WIB

Ini Alasan Harus Tidur Pakai Kaus Kaki

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Mengenakan kaus kaki saat tidur ternyata punya manfaat buat kesehatan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang mungkin nyaman tidur tanpa memakai kaus kaki. Faktanya, tidur dengan mengenakan kaus kaki terbukti bisa memberi pengaruh positif pada pola tidur.

Ketika kaki yang dingin dihangatkan dengan kaus kaki, terjadi vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah yang akan memberi sinyal pada otak untuk tidur. Pembuluh darah yang melebar di tangan dan kaki akan mengalirkan hangat ke seluruh tubuh agar siap untuk tidur, menurut Sleep.org dikutip dari Reader's Digest. Tubuh jadi bisa tidur tanpa gelisah.

Pada sebuah studi dalam International Weekly Journal of Science disebutkan bahwa mengenakan kaus kaki saat tidur bisa membuat seseorang tidur lima menit lebih cepat dari biasanya.


Penemuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa orang dewasa yang tidur dengan kaus kaki normal atau yang dihangatkan, tidur lebih cepat dari yang tidak mengenakannya. Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah merawat kaki kering dan menambah orgasme.

Pengobatan tradisional China juga mempunyai konsep yang sama. Mengenakan kaus kaki saat tidur dipercaya dapat memperlancar aliran darah.

"Kaki yang dingin dapat menguras energi dari dalam tubuh dan menghalangi arus 'qi' (energi) dan darah (nutrisi)," kata dokter pengobatan China dan integratif Dr Elizabeth Trattner A.P. DOM pada Reader's Digest.

Rasa kedinginan pada kaki menghalangi aliran energi dan rasa hangat. Jika terus berlanjut bisa jadi seseorang merasa sakit, bahkan terkena sindrom tertentu.





Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)