Kamis, 25 Jul 2019 14:51 WIB

Mandi Air Hangat 1-2 Jam Bisa Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Firdaus Anwar - detikHealth
Mandi air hangat bisa bantu tidur jadi lebih nyenyak. (Foto: Thinkstock) Mandi air hangat bisa bantu tidur jadi lebih nyenyak. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kalau kamu termasuk orang yang sulit tidur nyenyak dan sering terbangun di tengah malam, saran peneliti dari Texas, Amerika Serikat, ini mungkin bisa dilakukan. Sebelum tidur coba mandi berendam dengan menggunakan air hangat selama 1-2 jam.

Pemimpin studi Shahab Haghayegh menyebut mandi air hangat dapat menstimulasi hipotalamus otak yang mengatur sistem suhu dan siklus tidur tubuh. Ketika seseorang mandi air hangat maka tubuh secara alami akan berusaha mendinginkan diri sehingga efeknya usai mandi jadi terasa lebih sejuk.


Lebih rincinya dijelaskan kalau mandi air hangat akan melebarkan pembuluh darah di area bawah kulit. Semakin banyak darah yang mengalir maka akan semakin cepat panas tubuh turun.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews ini menyarankan suhu air hangat sekitar 40-42,5 derajat celsius ideal untuk mendapatkan efek maksimal. Suhu tubuh yang lebih dingin dapat berdampak membuat seseorang bisa jatuh tidur 10 menit lebih cepat, lebih dalam, dan total waktu tidur keseluruhan yang lebih lama.

"Tapi tetap perlu investigasi lebih jauh terkait penghangatan tubuh pasif lewat air ini karena masih sedikit studi yang melakukannya, terutama tentang waktu dan durasi yang optimal ditambah mekanisme pastinya," kata Shabab seperti dikutip dari Science Direct.

Shahab berencana menggunakan data hasil studinya untuk desain kasur air yang bisa membantu mengatur suhu tubuh penggunanya sepanjang malam.



Simak Video "Pakai Kaus Kaki Untuk Tidur Lebih Nyenyak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)