Jumat, 26 Jul 2019 08:11 WIB

Ikke Nurjanah Keluhkan Susahnya Ubah Kebiasaan Buang Air Besar

Kintan Nabila - detikHealth
Ikke Nurjanah. Foto: Ismail/detikHOT Ikke Nurjanah. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Menjadi duta sanitasi dan air bersih artinya menjadi lebih dekat dengan masyarakat untuk bersosialisasi sambil edukasi. Penyanyi dangdut Ikke nurjanah kerap menemui perilaku warga yang aneh-aneh saat difasilitasi WC umum di daerahnya.

"Ada di satu daerah. Pemerintah memberikan fasilitas WC umum bagus dan bersih. Tapi buat mereka karena sudah biasa di alam bebas, toilet jadi kaya tempat suci. Itu dibersihin aja sama mereka tapi enggak dipakai," kata Ikke saat diwawancarai detikHealth di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (25/7/2019).



Ia juga mengatakan bahwa ini masalah mindset. Biarpun sudah diberikan fasilitas, jika masyarakat tetap mengembangkan pola pikir yang sama. Artinya sanitasi dan kebersihan tidak teredukasi dengan baik.

"Jadi ini alasannya kenapa membuat wc harus sesuai dengan karakter daerah. Ada yang tidak mau wc tertutup, atau ada yang pengennya wc yang berendam di air, kalo enggak begitu dia enggak bisa." kata Ikke.

Karenanya sebagai public figure Ikke mengajak masyarakat untuk meninggalkan prilaku BABS (Buang Air Besar Sembarangan). Peran RT dan RW juga berpengaruh sebagai tokoh yang dekat dengan masyarakat.

"Saya datang dengan motivasi untuk kebersihan mereka dan menggali mindset mereka untuk lebih care. Supaya masing masing ngerasain juga bahwa sanitasi itu penting," pungkasnya.



Simak Video "Cerita Mereka yang Pernah 'Menderita' Menahan BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)